Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 10 Work 100% - Tips Tutorial Bersama

Jumat, 24 Februari 2023

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial tentang TWRP Xiaomi Redmi Note 10. Pada flash TWRP yang akan saya jelaskan disini dapat digunakan pada MIUI 13 Android 12 dengan menggunakan file TWRP Nebrassy. Karena file TWRP tersebut pada bulan Juli 2022 lalu sudah mendukung untuk sistem operasi tersebut.

Pada versi TWRP Nebrassy sebelumnya, bahwa recovery ini terdapat bug yang tidak dapat membaca memori internal dan disana tertulis bahwa internal storage berukuran 0 MB. Alhasil, banyak pengguna ponsel Xiaomi yang menggunakan TWRP Nebrassy versi sebelumnya mengalami kegagalan ketika sedang melakukan proses install custom rom atau root.

Perlu kalian ketahui, bahwa dengan melakukan proses pasang TWRP Redmi Note 10 menggunakan TWRP Nebrassy tidak hanya dapat digunakan untuk MIUI 13, tetapi juga dapat digunakan dan diinstall pada MIUI 12 atau MIUI 12.5. Dengan menggunakan file TWRP ini, maka kalian pengguna Xiaomi Redmi Note 10 tidak perlu menggunakan SD Card.

Nah, jika teman-teman tertarik ingin melakukan pemasangan atau Install TWRP Xiaomi Redmi Note 10 Mojito, maka kamu dapat melihat caranya dengan mengikuti langkah-langkah yang akan saya jelaskan di bawah ini. Tapi sebelum memulai proses eksekusinya, pastikan dahulu kalau kamu sudah mengikuti setiap persyaratan yang telah saya cantumkan di bawah ini.

Semua Persyaratan Yang Harus Dilakukan

Untuk dapat melakukan proses install TWRP Redmi Note 10 agar dapat berjalan dengan lancar, maka kamu harus menyiapkan semua syarat-syarat di bawah ini. Sebagian besar pengguna yang mengalami kegagalan, lantaran mereka tidak semua mematuhi semua persyaratan yang telah diberikan.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Install Xiaomi USB Driver di PC atau laptop.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader.
  • Download semua file yang akan digunakan.
  • Siap menerima semua resiko apapun, karena disini saya tidak bertanggung jawab jika kalian mengalami kesalahan atau kegagalan.

Jika semua persyaratan di atas sudah kalian siapkan semuanya, maka kamu bisa langsung download file Custom Recovery TWRP dan bahan-bahan lainnya. Pastikan kalau koneksi internet yang digunakan dalam kondisi stabil dan lancar. Hal tersebut dapat menjadi salah satu poin kesuksesan dalam instalasi TWRP di ponsel ini.

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 10 Work 100%

Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 10 yang akan saya jelaskan di bawah ini, disini saya akan menggunakan metode melalui PC yang dibantu dengan adb dan fastboot. Sebagian besar Smartphone Android Xiaomi apapun pasti akan menggunakan metode ini, termasuk seri lawas dari ponsel Xiaomi maupun keluaran terbaru.

1. Download semua file yang dibutuhkan

Untuk pengguna Xiaomi Redmi Note 10 yang ingin menginstal TWRP, maka kamu harus download TWRP Recovery Official dan semua bahan-bahan lainnya. Pastikan untuk mengunduh semua file tersebut jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

2. Langkah-langkah instalasi TWRP di Xiaomi Redmi Note 10

Jika semua persyaratan dan bahan-bahan di atas sudah kalian siapkan semuanya, maka sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap instalasinya. Namun saya ingatkan sekali lagi, bahwa semua resiko apapun harus kalian tanggung sendiri dan disini saya tidak bertanggung jawab apabila kamu mengalami masalah atau kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kamu dapat melihat caranya dengan melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua file-file di atas dan ekstrak file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya install PDANet dan Xiaomi USB Driver di PC atau laptop.
  5. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Xiaomi dengan cara sebagai berikut:
    1. Buka aplikasi Pengaturan, lalu pilih About Phone >> lalu ketuk 7x pada Software Version.
    2. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
    3. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Additional Settings >> Developer Options.
    4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selanjutnya rename file TWRP yang sudah di ekstrak menjadi recovery.img, lalu pindahkan file tersebut ke dalam folder minimal adb and fastboot.
  7. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke dalam Fastboot Mode dengan cara sebagai berikut:
    1. Matikan ponsel, lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
    2. Setelah muncul Logo Fastboot, lalu lepaskan semua tombol tadi.
  8. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  9. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder adb and fastboot dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  10. Selanjutkan akan muncul tampilan cmd yang berwarna hitam.
  11. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices pada layar cmd, lalu tekan enter. Perintah tersebut akan mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  12. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter. Perintah tersebut akan langsung memulai proses instalasinya.
  13. Selanjutnya ketik perintah fastboot boot recovery.img dan tekan enter. Perintah tersebut akan me-reboot ponsel ke Mode TWRP Recovery.
  14. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP Recovery di Xiaomi Redmi Note 10 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Jika kamu tidak mengetahui cara masuk ke Fastboot Mode, kamu bisa menggunakan perintah adb reboot bootloader. Tetapi pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Xiaomi Redmi Note 10 dapat dilakukan dengan menggunakan PC dan bantuan dari adb and fastboot. Namun sebelum kalian melakukan proses instalasi TWRP, pastikan dahulu kalau ponsel Xiaomi tersebut sudah di Unlock Bootloader. Karena jika bootloader masih terkunci akan menyebabkan kegagalan.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments