Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 25 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah

Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial tentang Unlock Bootloader HTC One M8. Proses membuka kunci bootloader ini dapat digunakan untuk pengguna ponsel Android yang ingin melakukan modifikasi sistem seperti Install TWRP Recovery, Install Custom ROMS, atau Root dengan menggunakan Magisk.

How to Unlock Bootloader pada HTC One M8 seperti kebanyakan OEM pada umumnya, namun HTC ingin kamu berpikir bahwa kamu dapat melakukan hampir semua hal dengan ponsel tersebut. Tetapi sebagai opreker, kamu harus mengetahui bahwa hal tersebut itu tidak benar. Untuk benar-benar mengeluarkan potensi penuh ponsel, kamu memerlukan akses Root.

Untuk benar-benar mencapai potensi penuh dari HTC One M8, pertama kalian harus membuka kunci bootloader atau biasa yang dikenal sebagai unlocking the bootloader dan melakukan root terhadap ponsel Android HTC ini. Dengan membuka kunci bootloader, kamu dapat memberikan ponsel kemampuan untuk menginstal berbagai file mod di ponsel tersebut.

Oleh karena itu, dengan melalui postingan ini saya akan memberikan petunjuk untuk Cara Unlock Bootloader HTC One M8 dengan benar dan tepat. Namun perlu kamu ketahui dahulu, bahwa untuk proses unlock HTC One M8 bootloader dapat diterapkan pada semua versi Android, dari Android 4.4.2 (KitKat) sampai dengan versi Android 6.0 (Marshmallow).

Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah

Cara Unlock Bootloader HTC One M8 merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memodifikasi ponsel dengan cara menginstal TWRP Recovery, Custom ROM, Root, atau lain sebagainya. Sebenarnya untuk membuka kunci bootloader di ponsel ini terdapat dua metode yang berbeda. Namun, disini saya akan menjelaskan tentang cara resminya.

Membuka kunci bootloader HTC merupakan proses yang sangat mudah untuk dilakukan. HTC sendiri telah menyediakan layanan Unlock Bootloader Official yang memungkinkan setiap pengguna dapat melakukannya tanpa perlu khawatir mengalami kesulitan. Kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi HTC di HTCdev dan ikuti setiap perintah yang telah disebutkan.

Tetapi jika kamu tidak ingin melakukan Unlock Bootloader HTC melalui situs resmi HTCdev, maka kalian tidak perlu melakukannya. Nah, jika kamu tertarik ingin membuka kunci bootloader di ponsel HTC One M8, maka kamu harus menyiapkan dahulu semua syarat-syarat yang diperlukan. Karena semua persyaratan tersebut merupakan salah satu poin keberhasilan.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum memulai proses Unlock Bootloader. Pastikan untuk mengikuti semua persyaratan tersebut jika tidak ingin mengalami kegagalan saat prosesnya sedang berlangsung.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siapkan komputer seperti PC atau laptop.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Download semua file yang diperlukan.
  • Siap menerima resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus di download. Jadi, pastikan untuk mengunduh semua file tersebut dan jangan sampai ada yang ketinggalan. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk melakukan proses Unlock Bootloader di HTC One M8.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Sebelum memulai melakukan proses Unlock Bootloader, pastikan dahulu kalau ponsel HTC One M8 sudah diaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Jika tidak, maka ponsel tidak akan terdeteksi di PC dan akan mengalami kegagalan yang disebabkan oleh OEM yang masih terkunci.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih Tentang Ponsel, lalu ketuk 7x pada Build Number.
  3. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Opsi Pengembang / Developer Options.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol atau beri tanda centang pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di HTC One M8

Jika teman-teman sudah menyiapkan semua persyaratan dan file-file yang diperlukan, maka sekarang kamu sudah dapat memulai proses Unlock Bootloader di HTC One M8. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat dalam instruksi di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file-file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install HTC USB Driver atau instal Adb Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya buka halaman resmi HTCdev.
  5. Selanjutnya login ke akun kalian masing-masing. Jika kamu belum memiliki akunnya, silahkan kamu buat terlebih dahulu.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #1

  6. Selanjutnya pilih menu Unlock Bootloader >> Get Started.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #2

  7. Selanjutnya klik Select Your Device, lalu pilih HTC One M8 >> Begin Unlock Bootloader.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #3

  8. Selanjutnya akan muncul tampilan Are you sure you wish to continue, lalu klik Yes.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #4

  9. Selanjutnya pada layar Legal Terms, lalu beri tanda centang pada kotak yang telah disediakan >> Proceed to Unlock Instructions.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #5

  10. Selanjutnya scroll ke bawah, lalu pilih Proceed To Step 5.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #6

  11. Selanjutnya matikan ponsel dan nyalakan ke Fastboot Mode. Untuk caranya, kamu dapat melihat langkah-langkah di bawah ini.
    1. Matikan ponsel sampai dalam kondisi mati, lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable.
    2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  12. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan langsung masuk ke Fastboot Mode atau Bootloader Mode.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #7

  13. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder Minimal Adb and Fastboot yang tadi sudah di ekstrak. Untuk caranya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  14. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul layar command window yang berwarna hitam.
  15. Selanjutnya masukkan perintah fastboot oem get_identifier_token pada layar cmd tadi, lalu tekan enter.
  16. Selanjutnya copy semua text yang ada di layar cmd dimulai dari <<<< Identifier Token Start >>>> sampai <<<<< Identifier Token End >>>>>.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #8

  17. Selanjutnya kembali ke halaman HTCdev, lalu paste semua text yang tadi telah di copy pada bagian My Device Identifier Token >> lalu click on button Submit.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #9

  18. Selanjutnya tunggu sampai pihak HTC mengirimkan email yang berisikan Unlock Code, mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 24 jam.
  19. Jika HTCdev telah mengirimkan Unlock Code ke alamat email kamu, lalu Download Unlock Code yang telah diberikan tersebut.
  20. Selanjutnya masukkan perintah fastboot flash unlocktoken Unlock_code.bin pada layar cmd, lalu tekan enter. Pada bagian Unlock_code.bin, silahkan kamu ganti dengan Unlock Code yang telah diterima oleh HTCdev.
  21. Selanjutnya pada layar ponsel akan muncul tampilan Unlock Bootloader, lalu pilih Yes.
    Cara Unlock Bootloader HTC One M8 Terbaru Dengan Sangat Mudah #10

  22. Selanjutnya ponsel akan Reboot dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  23. Jika prosesnya sudah selesai, maka ponsel akan langsung menyala kembali.
  24. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di HTC One M8 dengan menggunakan metode yang telah disediakan oleh situs resmi HTCdev. Jika ponsel kamu tidak terdeteksi di PC walau sudah menginstal HTC USB Driver, kamu dapat menginstal aplikasi HTC Sync. Karena aplikasi tersebut juga sekaligus akan menginstal driver USB HTC.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader HTC One M8 sebenarnya dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yang berbeda. Namun metode yang termudah adalah dengan menggunakan bantuan dari situs HTCdev. Tetapi situs tersebut akan memerlukan waktu kurang lebih 24 jam agar bisa mendapatkan Unlock Code Bin yang telah disediakan oleh HTC.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments