Download Custom Rom Official Lineage OS 16 For LG G4 - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 11 Juli 2021

Download Custom Rom Official Lineage OS 16 For LG G4

LG G4 diluncurkan pada April 2015. Ponsel satu ini pertama kali diluncurkan telah menggunakan Android 5.1.1 Lollipop. Kemudian beberapa waktu lalu pengembang telah berhasil meresmikan versi Android 9.0 Pie dengan melalui Custom Rom Lineage OS 16 di perangkat LG G4. Jika, Anda berencana ingin menginstal ROM ini, pastikan untuk mem-backup data-data dahulu sebelum melakukannya.

Untuk dapat menginstal Lineage OS 16 di LG G4, maka perangkat Anda harus sudah di Unlock Bootloader dahulu dan sudah terpasang Recovery TWRP. Jika Anda sudah melakukan semua hal tersebut, maka Anda dapat mencoba untuk menggunakan ROM Lineage OS 16 tersebut di perangkat yang Anda miliki.

Kalian dapat mengikuti tutorial tentang bagaimana cara menginstal ROM Lineage OS 16 ini, tapi pertama-tama mari kita ketahui dahulu mengenai beberapa fitur yang tersedia pada Android 9.0 Pie dan Lineage OS 16.

Apa Itu Android 9.0 Pie

Seperti yang kami katakan, Lineage OS 16 berdasarkan pada OS terbaru, yaitu Android 9.0 Pie. Android 9.0 Pie adalah generasi ke-9 dan pembaruan utama dari OS Android Google. Android Pie baru membawa beberapa perubahan desain ke penerus Android Oreo, tetapi yang paling menonjol adalah sistem navigasi yang berbasis gesture.

Fitur lain dari Android 9 Pie ini adalah New Quick Settings UI design, Redesigned volume slider, Advanced Battery with AI Support, Notch Support, Improved Adaptive Brightness, Manual theme selection, Android Dashboard which Google calls Digital Wellbeing, dan masih banyak lagi.

Lineage OS 16 Berdasarkan Dari Android Versi 9.0 Pie

Lineage OS 16 adalah sebuah Custom Firmware terbaru yang berdasarkan kode sumber Android 9.0 Pie AOSP Official. Bersamaan dengan fitur Android 9.0 official, Lineage OS 16 juga menghadirkan banyak fitur dan opsi penyesuaian yang memungkinkan penggunaan ponsel Anda di luar fitur Stock Firmware.

Lineage OS salah satu firmware yang cukup terkenal yang telah dibuat oleh tim di belakang Cyanogen. Di dunia Android, Lineage OS adalah Custom ROM terbaik untuk saat ini yang telah dibangun dengan banyak fitur terbaru.

Langkah-Langkah Untuk Menginstal Lineage OS 16 Di LG G4

Seperti yang sudah kami janjikan di atas dalam postingan berikut ini. Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa langkah penting untuk dapat bisa menginstal Custom Rom Lineage OS 16 di LG G4. Namun sebelum kalian memulainya, ada beberapa persyaratan yang harus diketahui dahulu.

Persyaratan

  1. ROM Lineage OS 16 ini hanya cocok untuk perangkat LG G4 saja.
  2. Charger ponsel Anda sampai terisi minimal 50%.
  3. Download LG USB Driver, lalu install di PC yang kalian gunakan.
  4. Download ADB and Fastboot, lalu install di PC Anda.
  5. Download ROM Lineage OS 16 terlebih dahulu.
  6. Download Android 9.0 Pie Gapps terlebih dahulu.

Instruksi Untuk Menginstal Custom Rom

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan Developer Options, OEM Unlock, dan USB Debugging.
  2. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan Unlock Bootloader LG G4 H811.
  3. Setelah Anda berhasil membuka kunci bootloader pada perangkat LG G4, langkah selanjutnya adalah dengan menginstal TWRP LG G4 H811.
  4. Jika Anda sudah berhasil memasang TWRP Recovery di perangkat tersebut, lalu boot ponsel Anda ke dalam Mode Recovery dengan cara tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  5. Selanjutnya Anda perlu untuk Decrypt dan Re-Encrypt partisi pada LG G4.
  6. Jika Anda ingin membuat backup-an sistem yang sebelumnya, maka Anda dapat membuat backup ROM tersebut melalui TWRP Recovery. Tapi, jika Anda tidak menginginkannya, maka Anda dapat melewati tahap ini.
  7. Langkah selanjutnya adalah dengan menghapus semua data, lalu Wipa Data, Cache, dan System.
  8. Jika sudah, lalu pilih Install dan cari file Custom Rom Lineage OS 16 yang tadi sudah Anda simpan di dalam penyimpanan internal ponsel.
  9. Selanjutnya Swipe to confirm the flashing.
  10. Jika sudah selesai, lalu ulangi lagi langkah tersebut dan sekarang tinggal flash Open Gapps.
  11. Langkah terakhir adalah dengan memilih Reboot, lalu tunggu saja sampai ponsel berhasil menyala kembali, mungkin akan membutuhkan watu yang cukup lama.
  12. Selesai.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah agar Anda berhasil memasang Custom ROM Lineage OS 16 di LG G4, kalian harus mengikuti beberapa persyaratan dahulu sebelum mulai melakukannya. Semoga dengan tutorial yang telah kami buat ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semuanya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.