Cara Install TWRP Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 05 Desember 2021

Cara Install TWRP Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G

Cara Install TWRP Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G

TWRP Samsung A6 Plus Android 10 apakah sudah resmi dirilis atau belum? Pertanyaan tersebut sering diucapkan oleh mereka pengguna setia dari tipe ponsel Samsung Galaxy yang satu ini. Faktanya untuk versi recovery tersebut sudah resmi diluncurkan sejak beberapa bulan yang lalu.

Tidak hanya recovery nya saja, melainkan untuk proses root dengan Magisk pun sudah tersedia dan dapat langsung dipasangkan ke ponsel Samsung tersebut. Oleh karena itu, melalui artikel ini saya akan membantu kalian semua yang saat ini sedang mencari file-file dan tutorialnya.

Untuk pemasangan Custom Recovery yang sudah mendukung dengan versi Android 10 (Q), ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya. Karena untuk proses instalasi di Android 10 sedikit berbeda dengan apa yang ada pada versi terdahulunya.

Nah, jika saat ini kamu sedang mencari tutorial mengenai cara install TWRP Samsung A6 Plus, kamu bisa mencoba mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan melalui postingan berikut ini. Selain itu, cara ini sudah saya buktikan sendiri dan terbukti berhasil 100%.

Cara Install TWRP Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G

Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G telah resmi diluncurkan pada pertengahan tahun 2018 lalu. Pada saat pertama kali dirilis, ponsel ini telah dibanderol dengan harga Rp4.400.000 di Samsung Store Indonesia dan telah dilengkapi dengan spesifikasi yang cukup untuk dikelasnya.

Ponsel Samsung A6 Plus 2018 ini telah menggunakan Chipset Qualcomm SDM450 Snapdragon 450 dan telah menggunakan Android 8.0 (Oreo). Sedangkan dari CPU nya sendiri telah menggunakan versi Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53 dengan layar 6”.

Tidak hanya itu saja, bahkan ponsel A6 Plus SM-A605G ini juga telah dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 32 GB dan RAM 4 GB. Dengan memori internal sebesar ini sudah sangat cukup untuk menyimpan berbagai file yang besar di dalamnya.

Walaupun telah dibekali dengan spesifikasi yang lumayan bagus, tapi ada saja sebagian besar penggunanya yang masih ingin melakukan custom terhadap ponsel tersebut. Salah satunya adalah dengan Root dan Install Custom Rom.

Nah, untuk dapat melakukan kedua hal tersebut, maka penggunanya harus menginstal Recovery TWRP terlebih dahulu. Jika kamu tertarik ingin melakukannya, maka kamu harus mengetahui dahulu semua persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Persiapan Sebelum Memulai Install TWRP

Sebelum memulai proses instalasi TWRP terhadap ponsel Samsung Galaxy SM-A605G ini, pastikan dulu bahwa kamu sudah mengikuti semua persiapan di bawah ini. Karena semua persiapan tersebut bisa menjadi penentu apakah prosesnya akan berjalan lancar atau tidak.

Berikut ini adalah daftar persiapan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu:

  • Pastikan bahwa kamu sudah mempunyai PC / laptop.
  • Kabel USB Samsung.
  • Install Samsung USB Driver di PC / laptop yang akan digunakan.
  • Download semua file-file yang akan diperlukan.
  • Backup semua data-data penting yang terdapat di penyimpanan internal.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Enable OEM Unlock dan USB Debugging.

Setelah selesai mempersiapkan semua persyaratan di atas, sekarang kamu sudah dapat download bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses flashing ini.

Download Semua File Yang Diperlukan

Di bawah ini telah saya siapkan beberapa bahan yang akan dibutuhkan untuk membantu proses instalasi TWRP Recovery terhadap perangkat Samsung Galaxy tersebut. Kamu bisa langsung mengambilnya melalui link di bawah ini secara gratis.

Berikut ini adalah semua file yang harus kamu download:

Nah, setelah semua bahan-bahan di atas sudah kamu download semuanya, sekarang kamu bisa langsung menuju tahap install TWRP dengan mengikuti penjelasan di bawah ini.

Langkah Pemasangan TWRP Recovery Di Samsung Galaxy A6 Plus

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini merupakan Cara Flash TWRP Samsung A6 Plus yang sudah menggunakan Android 10. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download TWRP, Odin, dan Samsung USB Driver.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya install Samsung USB Drivers di PC / laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya enable USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Untuk dapat melakukannya, buka menu Pengaturan >> Tentang Ponsel >> Software Information >> lalu tap on the Build Number sebanyak 7x.
  6. Maka nanti menu Opsi Pengembang / Developer Options akan terbuka.
  7. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Developer Options >> lalu aktifkan tombol pada OEM Unlock dan USB Debugging.
  8. Selanjutnya matikan ponsel Samsung A6 Plus kamu sampai dalam kondisi off.
  9. Lalu sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable,
  10. Selanjutnya tekan dan tahan Volume Atas + Volume Bawah + Power buttons secara bersamaan.
  11. Maka nanti kamu akan melihat layar yang bertuliskan Warning, lalu tekan / press Volume Up untuk melanjutkannya ke dalam Download Mode.
  12. Selanjutnya buka aplikasi Odin yang tadi telah kamu extract dengan cara Run as administrator.
  13. Selanjutnya lihat pada bagian ID:COM jika sudah berubah menjadi warna biru, maka tandanya ponsel sudah berhasil terhubung di Odin.
  14. Selanjutnya klik tombol AP dan cari file TWRP yang sudah di download, lalu klik Open.
  15. Selanjutnya klik menu Options di Odin yang terletak di sebelah kiri, lalu hilangkan tanda centang pada Auto Reboot.
  16. Selanjutnya klik tombol Start untuk memulai proses installing TWRP Recovery.
  17. Setelah prosesnya selesai, maka kamu akan melihat tulisan PASS yang berwarna hijau.
  18. Lalu lepaskan ponsel dari PC dan tekan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan untuk merestart ponsel secara manual.
  19. Setelah ponsel mati, lalu tekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan untuk masuk ke Mode TWRP Recovery.
  20. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan proses install TWRP Recovery di Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G melalui Odin. Sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Root via TWRP Recovery dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah Root Samsung Galaxy A6 Plus SM-A605G

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa melalui artikel ini kamu akan mengetahui Cara Root Samsung A6 Plus dengan menggunakan Custom Recovery TWRP. Tidak hanya itu saja, melainkan cara root ini juga dapat dilakukan untuk yang sudah menggunakan Android 10 (Q).

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan yang diperlukan melalui link di atas.
  2. Selanjutnya extract file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru, kecuali Magisk.zip dan Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt_05.21.2019.
  3. Selanjutnya pindahkan file Magisk.zip dan Disable-Dm-Verity-ForceEncrypt.zip ke dalam penyimpanan SD card.
  4. Selanjutnya matikan ponsel Samsung A6 Plus kalian dan boot ke dalam mode Recovery TWRP.
  5. Untuk dapat melakukannya, silahkan tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
  6. Setelah muncul logo Samsung, lalu lepaskan semua tombol tersebut.
  7. Setelah berhasil masuk ke TWRP, lalu pilih menu Wipe >> Format Data.
  8. Selanjutnya kembali ke menu utama TWRP, lalu pilih menu Install.
  9. Selanjutnya pilih storage ke penyimpanan SD Cards.
  10. Selanjutnya cari file Disable-Dm-Verity-ForceEncrypt.zip yang tadi telah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan SD Card.
  11. Lalu pilih file tersebut dan Swipe to confirm flash.
  12. Selanjutnya cari file Magisk.zip yang tadi telah kamu simpan ke dalam penyimpanan eksternal.
  13. Lalu pilih file tersebut untuk memulai install Magisk dengan cara pilih Swipe to confirm flash.
  14. Setelah prosesnya selesai, lalu klik Reboot System.
  15. Selesai.

Selanjutnya tunggu sampai ponsel berhasil menyala, lalu lakukan aktivasi seperti biasanya. Jika proses aktivasinya sudah selesai dan muncul lock screen, silahkan abaikan saja. Maka nanti kamu akan melihat aplikasi Magisk yang telah terinstal di ponsel Samsung kalian.

Aplikasi tersebut menandakan bahwa ponsel sudah berhasil di root dengan menggunakan Magisk. Jika kamu masih belum yakin, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi Root Checker yang dapat di download secara gratis melalui Google Play Store.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan proses Cara Pasang TWRP Samsung A6 Plus agar dapat berjalan dengan lancar, kamu harus mem-flash file TWRP and Root yang bernama Disable_Dm-Verity_ForceEncrypt dan langsung melanjutkannya ke tahap root agar ponsel tidak bootloop.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments