Cara Mengatasi Mozilla Firefox Yang Tidak Bisa Browsing - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 03 Februari 2022

Cara Mengatasi Mozilla Firefox Yang Tidak Bisa Browsing

Cara Mengatasi Mozilla Firefox Yang Tidak Bisa Browsing

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Cara Memperbaiki Mozilla Firefox Yang Tidak Bisa Browsing. Biasanya hal seperti ini jarang sekali terjadi terhadap pengguna komputer. Namun bukan berarti tidak selamanya tidak terjadi, tapi bisa saja dikemudian hari tiba-tiba mengalaminya.

Untuk mengenal permasalahan seperti ini mengapa bisa terjadi, biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Atau bisa saja disebabkan oleh koneksi internet yang digunakan sedang mengalami masalah dari servernya. Oleh karena itu akan menimbulkan masalah seperti tidak dapat browsing atau berselancar di internet, khususnya menggunakan Mozilla Firefox.

Tentu saja jika kita mengalami kejadian semacam ini sangat tidak menyenangkan, terutama jika kita sedang melakukan pekerjaan yang deadline. Jika masalah utamanya memang disebabkan oleh jaringan internet itu sendiri, maka kita tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Akan tetapi jika koneksi internet yang dipakai sedang lancar dan stabil, lantas bagaimana mengatasinya?

Jika kamu salah satu orang yang sedang mengalami kejadian seperti ini, koneksi internet sedang lancar tapi tidak bisa melakukan browsing. Walaupun sudah menggunakan Mozilla Firefox versi terbaru, tapi masih tidak bisa juga. Maka kamu bisa mencoba mengikuti langkah-langkah Cara Mengatasi Mozilla Firefox Yang Tidak Bisa Browsing di bawah ini.

Cara Mengatasi Mozilla Firefox Yang Tidak Bisa Browsing

Untuk pengguna Mozilla Firefox yang sedang mengalami masalah tidak bisa browsing ke situs-situs seperti Google atau Youtube, maka biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang berbeda. Karena salah satu faktor tersebut bisa saja terjadi tanpa kita sadari, misalnya saja seperti habis melakukan instalasi Mozilla Firefox atau salah satu dari hardware komputer.

Kedua kemungkinan tersebut yang biasanya terjadi pada pengguna komputer yang menggunakan browser Mozilla Firefox versi lama maupun terbaru. Apakah di antara kalian ada yang sedang mengalami kesulitan untuk berselancar melalui aplikasi peramban yang satu ini? Jika iya, maka kamu bisa mengikuti Cara Mengatasi Mozilla Firefox Yang Tidak Bisa Browsing.

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa solusi atau metode yang dapat kamu gunakan untuk mengatasinya. Jadi kamu bisa mencoba cara tersebut dan mempraktekannya satu persatu di PC atau laptop kalian masing-masing. Nah, untuk caranya bisa kamu lihat dan ikuti melalui salah satu beberapa langkah di bawah ini.

1. Mengatur ulang settingan jaringan di mozilla firefox

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu untuk mengatasi masalah tidak bisa browsing di Mozilla Firefox adalah dengan mengubah pengaturannya. Karena dengan membuat pengaturan yang salah bisa menyebabkan tidak bisa berselancar di internet.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Mozilla Firefox yang telah terinstal di komputer.
  2. Selanjutnya klik ikon garis tiga yang terletak di pojok kanan atas, lalu pilih menu Settings.
  3. Selanjutnya scroll ke bawah dan cari Network Settings, lalu klik Settings.
  4. Maka nanti kamu akan melihat layar Configure Proxy Access to the Internet, lalu pilih No proxy, lalu tekan tombol OK.
  5. Selesai.

2. Menghapus extensions yang tidak digunakan

Untuk cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menghapus extensions yang tidak digunakan. Karena sebagian besar Mozilla Firefox yang di install terlalu banyak extensions juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Mozilla Firefox yang telah terinstall di komputer.
  2. Selanjutnya klik ikon garis tiga yang terletak di pojok kanan atas, lalu pilih Add-ons and themes.
  3. Selanjutnya cari extensions yang ingin kamu hapus.
  4. Jika sudah ketemu extensions yang ingin di hapus, lalu klik ikon titik tiga yang berada di sebelah kanan dari extensions tersebut, lalu klik Remove.
  5. Maka nanti akan muncul layar kotak kecil di bagian atas, lalu klik Remove untuk memulai menghapusnya.
  6. Selesai.

3. Mengubah konfigurasi melalui pengaturan

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan melalui beberapa sedikit perubahan konfigurasi dari Mozilla Firefoxnya. Untuk cara yang satu ini hampir sama dengan yang terdapat pada nomor 1. Tetapi disini untuk membuka layar konfigurasinya akan melalui kolom pencarian.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Mozilla Firefox yang telah terinstal di komputer kalian.
  2. Selanjutnya ketik alamat ini about:config di bagian address bar dan tekan enter.
  3. Maka nanti kamu akan melihat halaman yang bertuliskan Proceed with Caution, lalu beri tanda centang pada Warn me when I attempt to access these preferences.
  4. Jika sudah, lalu klik tombol Accept the Risk and Continue.
  5. Selanjutnya masukkan perintah ini network.http.pipelining dan tekan enter, lalu klik tanda + pada bagian sebelah kanan, lalu klik ikon beralih untuk mengubahnya menjadi true.
  6. Selanjutnya masukkan perintah ini http.proxy.pipelining dan tekan enter, lalu klik tanda + pada bagian sebelah kanan, lalu klik ikon beralih untuk mengubahnya menjadi true.
  7. Selanjutnya masukkan perintah ini network.dns.disableIPv6 dan tekan enter, lalu klik tanda + pada bagian sebelah kanan, lalu klik ikon beralih untuk mengubahnya menjadi true.
  8. Selanjutnya masukkan perintah ini network.http.max-connections dan tekan enter, lalu klik tanda + pada bagian sebelah kanan, lalu ganti angkanya menjadi 64.
  9. Selanjutnya masukkan perintah ini network.http.max-persistent-connections-per-server dan tekan enter, lalu klik tanda + pada bagian sebelah kanan, lalu ganti angkanya menjadi 8.
  10. Selesai.

4. Reset atau refresh mozilla firefox

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan reset atau refresh Mozilla Firefox kembali ke pengaturan default. Untuk beberapa kasus cara yang satu ini cukup ampuh untuk mengatasi browser mozilla tidak dapat browsing.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat kamu ikuti.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Mozilla Firefox yang telah terinstal di komputer kalian.
  2. Selanjutnya klik kanan pada area kosong yang terdapat pada bagian atas, lalu pilih Menu bar.
  3. Maka nanti kamu akan melihat deretan menu baru yang muncul di bagian atas.
  4. Selanjutnya pilih menu Help, lalu pilih More Troubleshooting Information.
  5. Maka selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya, lalu klik Refresh Firefox yang terletak di sebelah pojok kanan atas.
  6. Maka nanti kamu akan melihat pesan peringatan, lalu klik tombol Refresh Firefox.
  7. Maka nanti aplikasi Mozilla Firefox akan restart secara otomatis, lalu kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai.
  8. Jika prosesnya sudah selesai, maka kamu akan melihat tulisan Success.
  9. Selesai.

5. Install ulang aplikasi mozilla firefox

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan proses install ulang aplikasi mozillanya. Cara ini dapat kamu gunakan jika semua cara di atas tidak ada yang berhasil satu pun. Karena dengan melakukan install ulang mozilla akan membuat seluruhnya menjadi menggunakan pengaturan default dari mozillanya itu sendiri.

Sampai disini kamu telah selesai memperbaiki Mozilla Firefox untuk mengatasi masalah yang tidak dapat browsing walaupun koneksi internet sedang lancar dan stabil. Perlu kamu ketahui satu hal, bahwa dengan melakukan kelima cara di atas tapi masih tidak bisa juga, maka kamu perlu melakukan install ulang windows di PC atau laptop tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah solusi aplikasi browser Mozilla Firefox yang tidak bisa melakukan browsing ke internet, maka biasanya disebabkan oleh beberapa pengaturan atau settingan yang salah. Oleh karena itu solusinya, kamu harus melihat tutorialnya dalam Cara Mengatasi Mozilla Firefox Yang Tidak Bisa Browsing di dalam postingan ini.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya.


Bagikan artikel ini

Tidak ada komentar: