Cara Unlock Bootloader Vivo Y91 Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Minggu, 05 Desember 2021

Cara Unlock Bootloader Vivo Y91 Versi Terbaru

Cara Unlock Bootloader Vivo Y91 Dijamin Sukses

Pada artikel yang akan saya berikan kali ini, disini saya akan membagikan sebuah tutorial yang mungkin cukup bermanfaat untuk teman-teman. Ingin tahu seperti apa tutorial tersebut, yuk langsung saja disimak penjelasannya di bawah ini mengenai Cara Unlock Bootloader Vivo Y91.

Seperti yang diketahui, bahwa unlock bootloader merupakan langkah pertama yang harus dilakukan penggunanya untuk dapat melakukan install recovery twrp maupun root. Oleh karena itu, untuk siapa saja yang ingin melakukan kedua hal tersebut, maka harus melakukan UBL dahulu.

Nah, untuk kalian yang ingin mencoba melakukan unlock bootloader pada perangkat Vivo ini, maka kamu dapat melihat caranya melalui penjelasan yang akan saya sampaikan di bawah ini. Selain itu, disini saya juga akan memberitahukan bagaimana melakukan root tanpa menggunakan PC.

Apa Itu Bootloader?

Bootloader merupakan sebuah sistem keamanan yang terdapat pada perangkat Android. Tanpa adanya bootloader ini, maka sebuah ponsel Android tidak akan bisa boot ke dalam OS-nya. Oleh karena itu bootloader sangatlah penting untuk setiap smartphone Android apapun.

Selain itu, bootloader juga langsung terintegrasi langsung ke dalam sistem dan software pada ponsel Android. Tahukah kamu, bahwa setiap perangkat Android apapun sudah tertanam bootloader yang sudah terkunci ketika ponsel tersebut diproduksi?

Hal tersebut memungkinkan agar penggunanya tidak dapat menginstal software illegal apapun ke dalam ponsel Android. Dengan begitu ponsel akan mendapatkan keamanan yang super ketat dan akan selalu aman dari serangan berbahaya lainnya.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Unlock Bootloader

Untuk persoalan yang satu ini, mungkin sebagian besar pengguna ponsel Android khususnya pada perangkat Vivo Y91, pasti masih banyak yang belum mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan dari UBL ini.

Untuk kalian yang ingin mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya, kamu bisa melihatnya di bawah ini.

Kelebihan unlock bootloader

  • Memiliki kemampuan untuk membuka kunci hak administrator pada ponsel Android.
  • Dapat memberikan izin untuk melakukan pemasangan custom recovery twrp.
  • Memungkinkan penggunanya untuk menginstal berbagai modifikasi, seperti custom rom, root, aplikasi mod, dan masih banyak lagi.

Kekurangan unlock bootloader

  • Akan membatalkan garansi resmi pada smartphone Android.
  • Tidak akan dapat menerima pembaruan OTA atau versi firmware terbaru.

Nah, seperti inilah kurang lebih kelebihan dan kekurangan dari perangkat Android yang sudah di unlock bootloader. Jika kamu masih tetap ingin melakukan ubl pada ponsel tersebut, maka kamu dapat melihatnya melalui penjelasan yang akan saya berikan berikut ini.

Persyaratan Yang Harus Dilakukan Terlebih Dahulu

Jika kamu sudah bersiap akan semua risiko yang akan didapatkan setelah melakukan proses ubl tersebut, maka kamu dapat melihat semua syarat-syarat penting yang harus kamu perhatikan. Berikut ini adalah semua persyaratannya.

  • Pastikan baterai ponsel Vivo Y91 sudah terisi daya minimal 40% atau lebih.
  • Backup seluruh data-data penting yang terdapat di dalam penyimpanan internal.
  • Pastikan sudah menginstal driver usb Vivo di PC atau laptop.
  • Pastikan ponsel sudah mengaktifkan OEM Unlock dan USB Debugging.
  • Selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan.

Jika kamu sudah menyelesaikan setiap persyaratan di atas, sekarang kamu harus download semua bahan-bahan yang akan diperlukan untuk proses unlock bootloader pada ponsel Vivo yang satu ini. Kamu dapat mengambilnya di bawah ini secara lengkap.

Cara Unlock Bootloader Vivo Y91 Dengan Mudah

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya di atas, bahwa di bawah ini akan saya jelaskan cara melakukan ubl dengan tepat. Selain itu, disini juga akan saya berikan tutorial mengenai cara unlock bootloader dan root Vivo Y91 tanpa menggunakan PC.

Sebelum memulai ke proses eksekusinya, alangkah baiknya jika kamu download dahulu semua bahan-bahan yang akan diperlukan melalui daftar di bawah ini.

Download semua file yang diperlukan

Langkah-langkah unlock bootloader

Untuk teman-teman yang ingin langsung memulai proses unlock bootloader pada ponsel Vivo yang satu ini, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkah yang telah saya berikan di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan mendownload semua bahan-bahan yang akan diperlukan.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dengan menggunakan Winrar dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  3. Selanjutnya Install Vivo USB Driver di laptop atau PC yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging pada ponsel Vivo Y91 tersebut.
  5. Selanjutnya buka folder Adb and Fastboot, lalu buka cmd dengan cara seperti yang telah dijelaskan pada halaman link download tersebut.
  6. Selanjutnya hubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  7. Selanjutnya masukkan perintah ini adb devices di layar cmd dan tekan enter.
  8. Selanjutnya masukkan perintah ini adb reboot bootloader dan tekan enter untuk masuk ke Fastboot Mode.
  9. Selanjutnya masukkan perintah ini fastboot bbk unlock_vivo dan tekan enter.
  10. Jika prosesnya berhasil, maka akan tampil tulisan Device is Unlock.
  11. Selanjutnya masukkan lagi perintah ini fastboot reboot dan tekan enter.
  12. Selesai.

Sampai disini kamu sudah selesai melakukan proses unlock bootloader pada ponsel Vivo Y91. Sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap rooting. Untuk dapat melakukan root, kamu bisa mengikuti cara di bawah ini.

Langkah-langkah root tanpa pc

Nah, untuk kamu yang ingin melakukan root tanpa menggunakan PC, kamu sudah benar telah mengunjungi website yang tepat. Karena disini saya akan memberikan tutorialnya. Setelah proses ubl telah berhasil, sekarang kamu bisa melakukan root pada perangkat Vivo yang satu ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download aplikasi KingRoot versi terbaru.
  2. Setelah selesai, install aplikasinya di ponsel Vivo kalian masing-masing.
  3. Jika pada saat instalasi muncul pesan Installation blocked, klik details, lalu pilih Install anyway unsave seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara Unlock Bootloader Vivo Y91 Dijamin Sukses #1

  4. Jika yang muncul pesan Pemasangan dicekal / installation blocked, klik saja pada bagian Settings >> Lock screen and security >> kemudian aktifkan tombol pada Unknown source atau sumber tidak diketahui >> OK.
  5. Setelah proses instalasi apk KingRoot sudah selesai, kemudian jalankan aplikasi tersebut.
  6. Selanjutnya untuk memulai proses rooting, silahkan klik tombol Try It untuk menjalankannya.
  7. Pastikan koneksi internet pada ponsel kalian dalam keadaan stabil.
  8. Setelah proses rootnya sudah selesai, kemudian restart ponsel tersebut.
  9. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai melakukan root pada perangkat Vivo Y91 tanpa PC dengan menggunakan aplikasi KingRoot. Untuk mengecek apakah sudah berhasil di root, kamu bisa melihatnya melalui aplikasi KingRoot. Karena KingRoot bisa memperbarui database dan mengecek sudah di root atau belum.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk dapat melakukan Cara Unlock Bootloader Vivo Y91 Tanpa PC tidak dapat dilakukan, melainkan harus melalui PC atau laptop untuk menjalankan tool Adb and Fastboot yang hanya dapat dijalankan melalui operating system windows.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments