Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Senin, 23 Januari 2023

Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Flash Vivo Y20. Cara flash ini sangat berguna sekali untuk memperbaiki hp Vivo Y20 yang sedang mengalami masalah bootloop. Tidak hanya itu saja, tetapi cara flashing ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah lupa pola, stuck di logo, atau restart menerus.

Untuk Smartphone Android yang sedang mengalami masalah seperti tadi, sebenarnya itu dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu melalui PC atau tanpa PC. Kedua cara tersebut sama-sama dapat digunakan untuk memperbaiki ponsel Android yang sedang mengalami masalah sistem. Sedangkan untuk langkah-langkahnya sedikit berbeda antara kedua tersebut.

Cara flashing untuk ponsel Android Vivo dapat dilakukan dengan sangat mudah dan proses yang cepat. Untuk teman-teman yang sedang mengalami kerusakan sistem yang disebabkan karena terkena virus, kamu juga dapat menggunakan cara flashing. Karena proses flash ini akan menginstal ulang ponsel dan akan mengembalikannya seperti baru lagi.

Selain itu, Cara Flash Vivo Y20 juga bisa mengembalikan kondisi ponsel yang mengalami lupa password. Nah, jika teman-teman ingin mengetahui cara flashing untuk ponsel ini, maka kalian dapat melihat langkah-langkahnya dalam penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini. Selain itu, disini saya juga akan menjelaskan dengan menggunakan dua cara yang berbeda.

Berbagai Masalah Ponsel Android Yang Mengalami Kerusakan Sistem

Ada banyak penyebab mengapa ponsel Vivo mengalami kerusakan sistem, namun yang paling sering terjadi pada sebagian pengguna ponsel ini adalah karena lupa pola dan mengalami kegagalan selama proses melakukan instalasi Custom ROM atau Root. Jika seorang pengguna Android yang mengalami kegagalan dalam memasang Custom ROM akan menjadi bootloop.

Bootloop merupakan salah satu kerusakan sistem Android yang cukup parah, karena kondisi tersebut akan membuat ponsel tidak dapat dihidupkan dan layar pada hp akan tetap dalam kondisi mati total. Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja dan tidak ada penanganan yang tepat, maka Smartphone Android tersebut tidak akan dapat digunakan secara normal.

Nah, jika di antara teman-teman ada yang sedang mengalami masalah seperti ini, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkah Flash Vivo Y20 Via PC atau tanpa PC dalam panduan yang akan saya berikan di bawah ini secara lengkap. Namun sebelum kalian memulainya, pastikan dahulu kalau kamu sudah mempunyai file Stock ROM atau Firmware dari ponsel Vivo tersebut.

Persiapan Melakukan Flash Di Ponsel Vivo Y20

Sebelum teman-teman mulai cara flashing untuk Smartphone Vivo tersebut, ada baiknya jika kamu harus sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang akan diperlukan. Sedangkan untuk kamu yang ingin melakukan flash tanpa PC, maka kamu hanya perlu menyiapkan SD Card saja.

Jika kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan di atas, maka sekarang kamu sudah bisa langsung memulai flashing untuk ponsel Vivo Y20 yang satu ini. Saya ingatkan sekali lagi, pastikan daya baterai ponsel kamu sudah terisi daya yang cukup. Karena hal tersebut dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Cara flash Vivo Y20 yang akan saya berikan di bawah ini juga dapat digunakan untuk ponsel Vivo Y20 dengan model V2029 dan V2029_PK. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui langkah-langkahnya, silahkan kamu simak baik-baik dalam penjelasan yang akan saya sampaikan berikut ini.

1. Cara flash Vivo dengan menggunakan tanpa PC

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan tanpa PC. Untuk dapat melakukan cara pertama yang satu ini, kalian tidak perlu menggunakan komputer. Karena metode ini hanya cukup menggunakan SD Card dan melalui Mode Recovery.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download file firmware Vivo Y20.
  2. Selanjutnya extract file firmware tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya pindahkan file firmware yang sudah di extract ke dalam penyimpanan SD Card.
  4. Selanjutnya masukkan SD Card tersebut ke dalam ponsel Vivo Y20.
  5. Selanjutnya matikan ponsel sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  6. Selanjutnya tekan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan, maka nanti ponsel akan masuk ke dalam Fastboot Mode.
  7. Jika ponsel sudah masuk ke Fastboot Mode, lalu gunakan tombol Volume Atas dan Volume Bawah untuk navigasikan ke opsi yang diinginkan.
  8. Selanjutnya pilihlah Recovery Mode untuk melanjutkan ke tahap flashing.
  9. Selanjutnya ponsel Vivo akan menampilkan dan muncul menu Vivo Recovery, lalu pilih Install Update.
  10. Selanjutnya pilih opsi SD Card, lalu cari dan pilih file firmware yang tadi sudah kamu pindahkan ke dalam penyimpanan SD Card.
  11. Jika file firmware tersebut sudah berhasil ketemu, lalu pilih file tersebut.
  12. Selanjutnya pilih Yes, maka nanti proses flash akan langsung berjalan secara otomatis.
  13. Selanjutnya tinggal kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  14. Jika prosesnya sudah selesai, lalu kembali ke menu utama Recovery, lalu pilih Reboot.
  15. Selanjutnya kamu tunggu saja beberapa saat sampai ponsel masuk ke layar aktivasi.
  16. Selesai.

2. Cara flash Vivo dengan menggunakan PC

Cara flash berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan PC atau laptop. Untuk dapat melakukan flashing dengan menggunakan cara yang satu ini, disini saya akan menggunakan aplikasi QFIL Flash Tool versi terbaru. Jadi, pastikan dahulu kalau kalian sudah mempunyai aplikasi tersebut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua bahan-bahan di atas.
  2. Selanjutnya extract semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Vivo USB Driver di PC / laptop yang akan digunakan.
  4. Selanjutnya install QFIL Flash Tool di PC / laptop yang akan digunakan.
  5. Selanjutnya jalankan aplikasi QFIL Flash Tool yang tadi sudah berhasil di install.
  6. Selanjutnya pada bagian Select Build Type, lalu pilih Flat Build.
    Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru #1

  7. Selanjutnya klik Browse, lalu cari file firmware Vivo Y20 yang tadi sudah di extract.
    Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru #2

  8. Selanjutnya pada gambar seperti di bawah ini, lalu pilih FireHorse Programmer ELF.
    Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru #3

  9. Selanjutnya arahkan ke dalam folder firmware yang tadi sudah di extract, lalu pilih prog_firehose_ddr.elf >> Open.
    Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru #4

  10. Selanjutnya klik pada bagian Load XML.
    Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru #5

  11. Selanjutnya pilih rawprogram0 >> Open.
    Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru #6

  12. Selanjutnya pilih patch0 >> Open.
    Cara Flash Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru #7

  13. Selanjutnya matikan ponsel Vivo Y20 sampai dalam kondisi benar-benar mati.
  14. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan sambil menghubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  15. Selanjutnya klik tombol Download untuk memulai proses flashing.
  16. Selanjutnya kamu tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu antara 10 - 20 menit.
  17. Jika proses flashing sudah selesai, maka akan muncul pesan Download succeed.
  18. Selesai.

Note: Jika tombol Download tidak bisa di klik, berarti tandanya bahwa ponsel kamu belum terdeteksi di aplikasi QFIL Flash Tool tersebut. Jadi, untuk mengatasinya adalah harus dengan menginstal Vivo USB Driver yang tepat.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flashing di ponsel Vivo Y20 dengan menggunakan metode melalui PC atau tanpa PC. Sekarang ponsel Vivo kalian yang tadi mengalami kerusakan sistem sudah selesai diperbaiki dengan menggunakan kedua cara di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah untuk mengatasi Smartphone Android yang mengalami kerusakan sistem seperti bootloop, stuck di logo, atau lupa pola bisa diperbaiki dengan Cara Flash Vivo Y20 via PC atau tanpa PC. Karena kedua metode tersebut dapat digunakan untuk mengembalikan kondisi ponsel yang mengalami error menjadi seperti baru lagi.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments