Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 24 Januari 2023

Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru

Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Flash Vivo Y53 tanpa PC atau dengan PC. Untuk dapat memperbaiki ponsel Vivo yang mengalami masalah seperti lupa sandi, bootloop, atau stuck di logo hanya dapat diperbaiki dengan cara flashing atau biasa yang dikenal sebagai install ulang.

Cara flashing untuk hp Vivo Y53 dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu dengan menggunakan PC dan tanpa PC. Kedua metode tersebut sama-sama dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang disebabkan karena kerusakan sistem. Tetapi kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing satu sama lainnya.

Cara flashing untuk Smartphone Vivo Y53 tanpa PC, biasanya dilakukan dengan menggunakan mode recovery bawaan dan prosesnya pun lebih mudah. Selain itu, ukuran file firmware-nya pun jauh lebih kecil dibandingkan dengan yang menggunakan PC. Sedangkan flashing dengan PC akan memerlukan firmware dengan ukuran yang lebih besar dan caranya sedikit rumit.

Sebelum kamu memulai proses cara flashing Vivo Y53, pastikan dahulu kalau versi ponsel sudah sesuai dengan file Stock ROM yang sesuai. Jika tidak, maka Cara Flash Vivo Y53 tersebut akan mengalami kegagalan yang disebabkan oleh firmware yang tidak sesuai. Oleh karena itu, kamu harus mengeceknya terlebih dahulu sebelum download firmware-nya.

Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru

Flash Vivo Y53 Matot (Mati Total) tidak semua cara flashing pada ponsel Android dapat dilakukan. Tetapi jika di ponsel kamu mengalami kondisi seperti ini, maka kamu harus melakukannya dengan flashing melalui aplikasi QFIL. Tapi tenang saja, karena metode tersebut juga akan saya beritahukan di bawah ini secara lengkap dan sudah terbukti berhasil.

Vivo Y53 telah resmi diluncurkan pada bulan Maret 2017 dan tersedia dengan dua pilihan warna, yaitu Crown Gold dan Matte Black. Ukuran layar sebesar 5.0” dengan resolusi 540 x 960 pixels sudah cukup digunakan untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, ponsel Vivo Y53 telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3 yang tidak mudah retak ketika terjatuh.

Saat pertama kali digunakan sudah menggunakan Android 6 (Marshmallow) dan kini sudah dapat di upgrade ke versi Android 10. Sedangkan untuk kemampuan mesinnya telah dibekali dengan Chipset Qualcomm MSM8917 Snapdragon 425 dan CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53, serta dilengkapi dengan kamera depan 5 MP dan kamera belakang 8 MP.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Semua persyaratan tersebut juga berlaku untuk cara flash Vivo Y53 via QFIL atau Recovery Mode. Jadi, pastikan untuk menyiapkan semua persyaratan di bawah ini jika ingin berhasil.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus di download, baik itu untuk melalui PC atau tanpa PC. Dengan melakukan flashing atau install ulang, maka pengguna dapat memperbaiki ponsel yang mengalami masalah sistem seperti lupa sandi Vivo Y53.

3. Langkah-langkah Flash di Vivo Y53

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahan di atas, maka sekarang kamu sudah bisa melakukan flashing di Vivo Y53. Cara flash yang akan saya jelaskan di bawah ini, saya akan menggunakan dua cara yang berbeda. Jadi, kamu dapat memilih salah satu metode yang sesuai dengan kondisi hp Vivo Y53 kalian saat ini.

1. Flash dengan melalui QFIL

Cara pertama yang akan saya jelaskan terlebih dahulu adalah dengan melakukan flashing dengan menggunakan aplikasi QFIL. Cara ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang sedang mengalami masalah seperti bootloop atau mati total.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download Firmware via QFIL, QFIL Flash Tool, dan Vivo USB Driver.
  2. Selanjutnya ekstrak file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Vivo USB Driver dan QFIL di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya jalankan aplikasi QFIL yang tadi telah di install dengan cara Run as administrator.
  5. Selanjutnya pada bagian Select Build Type, lalu pilih Flat Build.
    Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #1

  6. Selanjutnya pada bagian Select Programmer, lalu klik Browse.
    Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #2

  7. Selanjutnya cari dan pilih file prog_emmc_firehose_8917_ddr.mbn yang terdapat di dalam folder firmware yang tadi sudah di ekstrak, lalu klik Open.
    Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #3

  8. Selanjutnya pada bagian Download, lalu klik Load XML.
    Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #4

  9. Selanjutnya cari file rawprogram_unsparse_PD1628F_EX-VN.xml, lalu klik Open.
    Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #5

  10. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke tampilan browse yang berikutnya, lalu pilih patch0.xml dan klik Open.
    Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #6

  11. Selanjutnya matikan ponsel sampai dalam kondisi benar-benar mati, lalu tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Volume Atas secara bersamaan sambil menghubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  12. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai ponsel terdeteksi di aplikasi QFIL.
  13. Jika ponsel sudah terdeteksi di aplikasi QFIL, lalu klik tombol Download yang berwarna biru.
  14. Selanjutnya proses flashing akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu sampai proses flash selesai.
  15. Jika prosesnya sudah selesai, lalu lepaskan ponsel dari PC dan nyalakan seperti biasa.
  16. Selesai.

2. Flash dengan melalui SD Card

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan flash melalui SD Card. Cara ini sangat cocok digunakan untuk mengatasi masalah seperti stuck di logo, hang, ngelag, restart secara berulang, atau lupa pola sandi. Selain itu, metode flash dengan SD Card tidak perlu menggunakan PC atau laptop.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download Firmware Vivo Y53 via SD Card.
  2. Selanjutnya pindahkan file tersebut ke SD Card, kamu tidak perlu mengekstrak file firmwarenya.
  3. Selanjutnya matikan ponsel, lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.
    Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #7

  4. Selanjutnya akan masuk ke tampilan Fastboot Mode, lalu pilih Recovery Mode.
    Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #8

  5. Selanjutnya akan masuk ke halaman utama dari Vivo Recovery, lalu pilih menu Install Update >> SD Card.
    Cara Flash Vivo Y53 Semua Model Versi Terbaru #9

  6. Selanjutnya cari file firmware yang tadi sudah dipindahkan ke SD Card, lalu klik Next.
  7. Selanjutnya proses flashing akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu sampai prosesnya selesai.
  8. Jika prosesnya sudah selesai, lalu Reboot ponsel.
  9. Selesai.

Jika artikel ini bermanfaat untuk teman-teman, mohon dukungannya dengan membantu donasi dengan cara mengklik salah satu tombol di bawah ini.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan flashing di Vivo Y53 dengan menggunakan salah satu metode yang telah saya sediakan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah kembali seperti semula lagi dan semua permasalahan sebelumnya telah diperbaiki.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Flash Vivo Y53 Lupa Sandi dapat dilakukan dengan melalui mode recovery bawaan. Namun cara tersebut biasanya akan meminta password kunci layar. Sedangkan untuk dapat melakukan flashing dengan maksimal dan optimal, hanya dapat dilakukan dengan flash melalui aplikasi QFIL Flash Tool atau QPST Flash Tool versi terbaru.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments