Cara Unlock Bootloader Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Senin, 27 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

.

Cara Unlock Bootloader Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Vivo Y20. Tutorial yang akan saya beritahukan di bawah ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin melakukan modifikasi ponsel seperti install Custom ROM, TWRP Recovery, Root, Kernel / Module, atau modifikasi yang lainnya.

Sebelum kamu memulai proses unlock bootloader on Vivo Y20, ada baiknya jika kita mengetahui dahulu beberapa informasi terkait ponsel yang satu ini. Smartphone Android Vivo Y20 telah resmi diumumkan pada tanggal 17 Agustus 2020 dan pertama kali diperkenalkan di wilayah AS dengan mengusung spesifikasi yang tidak kalah dengan ponsel saingannya.

Ponsel ini memiliki dimensi 164,4 x 76,3 x 8,4 mm (6,47 x 3,00 x 0,33 in) dengan berat sekitar 192 g dan telah menggunakan dual sim card. Kini telah tersedia beberapa varian warna yang berbeda di antaranya Obsidian Black, Dawn White, dan Purist Blue. Dengan kombinasi warna yang sesuai dapat membuat Vivo Y20 terlihat seperti perangkat kelas menengah ke atas.

Nah, jika teman-teman sudah mengetahui spesifikasi dari body hp Vivo tersebut, maka sekarang kamu sudah siap untuk melakukan proses Cara Unlock Bootloader Vivo Y20. Namun sebelum memulainya, pastikan dahulu kalau kamu sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan setelah melakukan unlock bootloader di ponsel yang satu ini.

Kelebihan Dan Kekurangan Unlock Bootloader

Bootloader merupakan suatu sistem atau kode yang selalu berjalan ketika pengguna memulai menyalakan perangkatnya. Beberapa perangkat keras pada ponsel akan memulai menjalankan pekerjaannya secara otomatis dan akan mendapatkan proses booting ke sistem, kemudian akan langsung memuat kernel, ramdisk, dan lain sebagainya.

1. Kelebihan Unlock Bootloader di ponsel Android

  • Dapat menginstal Custom ROM apa pun seperti LineageOS, Resurrection OS.
  • Dapat melakukan Root terhadap perangkat kamu.
  • Dapat menginstal Custom Recovery TWRP.

2. Kekurangan Unlock Bootloader di ponsel Android

  • Setelah selesai membuka bootloader akan membatalkan garansi resmi ponsel.
  • Ponsel tidak akan lagi menerima pemberitahuan OTA resmi.
  • Dapat menyebabkan soft brick, hard brick, bootloop, atau masalah lainnya jika tidak mengikuti panduan dengan benar.

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan setelah kamu berhasil melakukan bootloader unlocking terhadap ponsel Android. Apakah kamu tetap ingin melanjutkan proses Cara Unlock Bootloader Vivo Y20? Jika iya, silahkan kamu ikuti setiap langkah-langkah yang telah saya sediakan di bawah ini.

Cara Unlock Bootloader Vivo Y20 Semua Model Versi Terbaru

Pengguna ponsel Vivo untuk keperluan opreker, maka wajib mengetahui unlock bootloader. Pasalnya dengan melakukan unlock bootloader di ponsel Android, maka pengguna dapat melakukan modifikasi sistem dengan cara menginstal perangkat lunak pihak ketiga di ponsel.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Tutorial cara unlock bootloader ini akan memerlukan beberapa persyaratan yang wajib dilakukan terlebih dahulu. Jika tidak menyiapkan semua persyaratan yang telah disediakan, maka dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apa pun dan ditanggung sendiri.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus di download. Jika kamu hanya menyediakan salah satunya saja, maka proses unlock bootloader dijamin tidak akan berhasil dan pasti akan mengalami kegagalan dan menyebabkan ponsel menjadi bootloop.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Dengan mengaktifkan USB Debugging, maka ponsel akan terdeteksi di PC atau laptop. Sedangkan jika ponsel masih dalam kondisi OEM terkunci, maka saat proses unlock bootloader berlangsung akan mengalami kegagalan. Oleh karena itu, kamu harus mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock terlebih dahulu.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan (Settings).
  2. Selanjutnya pilih System >> About Phone (Tentang Ponsel).
  3. Selanjutnya ketuk 7x pada Nomor Bentukan (Build Number), maka nanti akan muncul pesan bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Opsi Pengembang (Developer Options).
  5. Selanjutnya beri tanda centang atau aktifkan tombol pada OEM Unlocking dan USB Debugging.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Vivo Y20

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas, maka sekarang kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap unlock bootloader di Vivo Y20. Untuk caranya dapat kamu lihat dalam langkah-langkah yang telah saya sediakan di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install Vivo USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  6. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder minimal adb and fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder yang ada di atas, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  7. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt (cmd) yang berwarna hitam.
  8. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader pada layar command prompt dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel ke Fastboot Mode.
  9. Selanjutnya ketik perintah fastboot bbk unlock_vivo dan tekan enter. Jika perintah tersebut tidak berfungsi, coba menggunakan perintah fastboot flashing unlock dan disusul dengan perintah fastboot oem unlock.
  10. Selanjutnya proses Unlock Bootloader akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel secara otomatis.
  12. Namun jika perintah tersebut tidak berfungsi, kamu dapat me-restart ponsel secara manual.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di Vivo Y20 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah siap untuk melanjutkan ke tahap install TWRP Recovery dan Root dengan menggunakan Magisk Latest Version.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Vivo Y20 dapat dilakukan dengan menggunakan minimal adb and fastboot platform tools. Namun sebelum memulainya, pastikan dahulu kalau ponsel Vivo Y20 sudah diaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock. Jika tidak, maka proses unlock bootloader akan mengalami kegagalan dan menyebabkan ponsel bootloop.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda