Cara Install TWRP Huawei Y3II LUA-U22 Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Rabu, 22 Februari 2023

Cara Install TWRP Huawei Y3II LUA-U22 Versi Terbaru

Cara Install TWRP Huawei Y3II LUA-U22 Versi Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Huawei Y3II. Untuk teman-teman yang saat ini ingin melakukan instalasi TWRP dan Root di ponsel Huawei yang ingin memasang Custom ROM, maka kamu dapat melihat langkah-langkahnya dalam penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini.

Honor telah meluncurkan Smartphone Huawei Y3II LUA-U22 dengan EMUI dan Android 5.1 yang ditenagai oleh prosesor Mediatek 6735. Setelah banyak melakukan percobaan modifikasi sistem, akhirnya tim pengembang telah merilis TWRP Recovery untuk Huawei Y3II. Namun sebelum melakukannya, pastikan dahulu kalau ponsel sudah di Unlock Bootloader.

Dengan melalui halaman ini, disini saya akan menunjukkan cara root Huawei Y3 II LUA-U22 dengan SuperSU atau Magisk. Tidak hanya itu saja, tetapi saya juga akan memberitahukan bagaimana cara memasang TWRP Recovery Official pada Huawei Y3II LUA-U22. Beberapa hari yang lalu, Magisk telah merilis versi terbarunya dan mendukung ponsel Huawei.

Nah, jika di antara teman-teman ada yang ingin memodifikasi sistem Android di ponsel tersebut, maka kalian dapat melihat proses pemasangan TWRP Huawei Y3II LUA-U22 di bawah ini secara lengkap. Akan tetapi, sebelum memulai proses instalasi TWRP Recovery on Huawei Y3II LUA-U22, pastikan kamu sudah mengikuti semua persyaratan di bawah ini.

Semua Persyaratan Yang Dibutuhkan

Custom Recovery TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang telah tersedia sejak 10 tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu dan perubahan teknologi, kini TWRP Recovery sudah memiliki tampilan layar sentuh dan dapat digunakan dengan sangat mudah.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Download semua file-file yang akan digunakan.
  • Siap menerima resiko apa pun yang akan terjadi.

Setiap ponsel Android yang sudah di root, pasti akan memiliki root access yang dapat digunakan untuk memodifikasi sistem secara bebas. Pengguna Huawei Y3II yang sudah di root, akan memiliki kemampuan untuk menghapus aplikasi bawaan atau meningkatkan performa ponsel.

Download Semua File Yang Dibutuhkan

Installing TWRP Recovery di ponsel Android Huawei yang satu ini dapat dilakukan dengan sangat mudah dan proses yang cepat. Tetapi akan membutuhkan sebuah file recovery yang sesuai. Jika tidak menggunakan TWRP yang sesuai, maka akan menyebabkan terjadinya kegagalan dan akan membuat ponsel mengalami bootloop.

Semua file tersebut dapat digunakan untuk versi Huawei Y3II emui 5 atau emui 5.1. Jadi, untuk teman-teman yang menggunakan emui 5 maupun emui 5.1, maka kamu tidak perlu mencari file recovery image yang lainnya. Inilah keuntungan menggunakan TWRP Recovery Official yang dapat digunakan untuk semua versi Huawei Y3II LUA-U22.

Cara Install TWRP Huawei Y3II LUA-U22 Versi Terbaru

Install TWRP Huawei Y3II LUA-U22 hanya dapat dilakukan dengan menggunakan minimal adb and fastboot platform tool for Windows. Untuk langkah-langkahnya pun dapat dilakukan dengan sangat mudah dan proses yang cepat. Nah, untuk langkah-langkah install TWRP Recovery di ponsel Huawei tersebut, silahkan lihat caranya melalui penjelasan di bawah ini.

1. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Sebelum memulai proses pemasangan Custom Recovery TWRP, pastikan dahulu kalau ponsel sudah diaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Huawei. Karena jika ponsel masih terkunci OEM, maka tidak akan dapat di install aplikasi pihak ketiga seperti TWRP atau Root.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan di ponsel.
  2. Selanjutnya pilih About Phone >> lalu tap 7x pada Build Number.
  3. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Developer Options.
  4. Selanjutnya beri tanda centang pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selesai.

2. Langkah-langkah instalasi TWRP Recovery di Huawei Y3II

Setelah Smartphone Android Huawei sudah diaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock, maka sekarang ponsel sudah siap di install TWRP. Sebenarnya langkah-langkah pemasangannya dapat dilakukan dengan sangat mudah, tetapi kalian harus mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan jika tidak ingin mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, kamu dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua file-file di atas dan extract dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya rename file TWRP yang sudah di extract menjadi recovery.img, lalu pindahkan ke dalam folder Minimal Adb and Fastboot Platform Tool.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder adb and fastboot, berikut ini adalah langkah-langkahnya:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan di area kosong sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  6. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  7. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader pada layar cmd yang tadi telah terbuka dan tekan enter, perintah tersebut akan me-reboot ponsel ke Mode Fastboot atau Mode Bootloader.
  8. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter, perintah tersebut akan langsung memulai proses instalasinya.
  9. Selanjutnya ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter, perintah tersebut akan me-restart ponsel.
  10. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP Recovery di Huawei Y3II LUA-U22 dengan mengikuti instruksi yang telah saya jelaskan di atas. Untuk masuk ke mode TWRP Recovery, matikan ponsel dan tekan tombol Power + Volume Atas secara bersamaan.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Huawei Y3II LUA-U22 dapat dilakukan dengan menggunakan adb fastboot platform tool. Karena sebagian besar ponsel Huawei yang ingin di install TWRP Recovery akan menggunakan tool tersebut. Sekarang ponsel Huawei kalian sudah siap melakukan proses rooting dengan menggunakan Magisk versi terbaru.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments