Cara Unlock Bootloader Huawei Y3II LUA-U22 Versi Terbaru - Tips Tutorial Bersama

Sabtu, 25 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Huawei Y3II LUA-U22 Versi Terbaru

.

Cara Unlock Bootloader Huawei Y3II LUA-U22 Versi Terbaru

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Huawei Y3II. Untuk teman-teman yang saat ini ingin melakukan Install TWRP Recovery, Root, atau Install Custom ROM, maka kamu harus melakukan Unlock Bootloader. Karena tahap ini merupakan langkah awal untuk itu semua.

Huawei Y3 II telah resmi diluncurkan pada tahun 2016 dan telah menggunakan Android 5.1, serta menggunakan Chipset Mediatek. Ponsel ini diumumkan pada tanggal 28 April 2016 dan diperkenalkan pertama kali di Amerika Serikat. Huawei Y3II memiliki dimensi 134,2 x 66,7 x 9,9 mm (5,28 x 2,63 x 0,39 in) dengan berat 150g, serta telah mendukung untuk Dual Sim Card.

Learn how to Unlock Bootloader di Huawei Y3II dengan seri model LUA-U22, LUA-U02, LUA-L21, LUA-L22, LUA-L01, U22, LUA-L02, LUA-L03, LUA-L23, LUA-U03, LUA-L13, LUA-U23. Dengan menggunakan bootloader, kamu dapat menginstal Custom ROM atau memodifikasi sistem lainnya dengan cara menginstal file zip seperti module atau Magisk.

Unlock the bootloader pada ponsel Android akan membantu pengguna yang senang memodifikasi sistem dengan berbagai cara apapun. Nah, jika kamu ingin mengetahui Cara Unlock Bootloader Huawei Y3II, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya dalam instruksi yang akan saya sampaikan di bawah ini secara lengkap dan sangat mudah.

Cara Unlock Bootloader Huawei Y3II LUA-U22 Versi Terbaru

Seperti yang diketahui, bahwa setiap perangkat ponsel Android apapun yang akan memulai proses tweaking, pasti harus melalui proses Unlock Bootloader. Kamu mungkin perlu me-root ponsel atau menginstal Custom ROM untuk dapat meningkatkan performa ponsel Huawei agar dapat berjalan semakin maksimal, termasuk pada ponsel Huawei Y3II LUA-U22.

Perlu kamu ketahui, bahwa tidak semua merk dan tipe Smartphone Android mengizinkan kamu untuk membuka kunci bootloader. Beberapa produsen tidak akan mengizinkan untuk membuka kunci bootloader secara resmi karena beberapa alasan keamanan. Oleh karena itu, pihak produsen tidak menyarankan pengguna melakukan Unlock Bootloader demi keamanan ponsel.

Jika dari ponsel tidak memberikan layanan unlocking bootloader secara resmi, maka kamu mungkin perlu menunggu hingga komunitas pengembang menemukan cara untuk membuka bootloader dengan metode tidak resmi. Oleh karena itu, melalui postingan ini saya akan memberikan petunjuk untuk dapat melakukan Unlock Bootloader Huawei Y3II LUA-U22.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk melakukan Unlock Bootloader. Pastikan kamu selalu mengikuti semua syarat-syarat di bawah ini jika kamu tidak ingin mengalami kegagalan selama prosesnya sedang berlangsung.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Koneksi internet yang stabil dan lancar.
  • Siap menerima semua resiko apapun.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan semua file-file yang akan diperlukan untuk proses Unlock Bootloader di Huawei Y3II LUA-U22. Jadi, pastikan untuk download semua file tersebut dan jangan sampai ada yang terlewat jika tidak ingin mengalami kegagalan.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Sebelum memulai proses membuka kunci bootloader di ponsel Huawei, pastikan dahulu kalau di ponsel kamu sudah di enable USB Debugging dan OEM Unlock. Namun, jika kamu tidak mengetahui caranya, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Settings >> System >> About Phone.
  2. Selanjutnya ketuk 7x pada Build Number, maka nanti akan muncul pesan bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  3. Selanjutnya kembali ke menu utama Settings >> Developer Option.
  4. Selanjutnya aktifkan tombol atau beri tanda centang pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Huawei Y3II LUA-U22

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas dan semua file yang diperlukan, maka sekarang kamu sudah dapat memulai proses Unlock Bootloader di ponsel Huawei yang satu ini. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika ingin dapat berjalan dengan lancar.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install Huawei USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya kita akan membutuhkan beberapa informasi penting seperti Phone Model Name, Product IMEI or MEID, Product Serial Number, dan Product ID.
  5. Untuk dapat mengetahui semua hal tersebut, silahkan kamu ikuti langkah-langkah di bawah ini.
    1. Pertama buka aplikasi Settings >> About Phone, lalu catat bagian Model Number dan IMEI.
    2. Selanjutnya buka aplikasi Telepon (Call) dan ketik *#*#1357946#*#*, maka nanti akan muncul tampilan Service Menu, lalu catat bagian Serial Number dan Product ID.
  6. Selanjutnya kita akan membutuhkan Bootloader Unlock Code, untuk dapat mengetahuinya, silahkan kamu ikuti petunjuknya melalui artikel Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Huawei.
  7. Jika kamu sudah mendapatkan semua informasi yang diperlukan seperti yang telah saya beritahukan di atas, lalu matikan ponsel dan nyalakan ke Fastboot Mode.
  8. Untuk dapat masuk ke Fastboot Mode, matikan phone and press Volume Bawah sambil menghubungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable.
  9. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder Minimal Adb and Fastboot yang sudah di ekstrak. Untuk caranya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command windows here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu press enter.
  10. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt (cmd) yang berwarna hitam.
  11. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices pada layar command prompt dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  12. Selanjutnya ketik perintah fastboot oem unlock 123456789 dan tekan enter. Untuk bagian nomor 123456789, silahkan ganti dengan Bootloader Unlock Code yang telah kamu dapatkan sebelumnya.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di Huawei Y3II LUA-U22 dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Sebenarnya untuk dapat masuk ke Fastboot Mode dapat dilakukan dengan cara yang berbeda, yaitu bisa melalui kombinasi tombol Volume Bawah dan menggunakan perintah adb reboot bootloader melalui command prompt.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Huawei Y3II LUA-U22 hanya dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan adb and bootloader fastboot tools. Tetapi juga akan memerlukan Bootloader Unlock Code yang diterima melalui situs resmi Huawei. Jika kamu tidak mengetahui caranya, silahkan click on the artikel yang telah saya sediakan di atas.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda