Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 16 Februari 2023

Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola

Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Key Motorola. Unlock Key pada Smartphone Android Motorola sangat bermanfaat sekali untuk pengguna yang ingin melakukan proses Unlock Bootloader. Tanpa Unlock Key ini, maka pengguna tidak akan dapat melakukan Unlock Bootloader.

Apakah kamu sudah siap untuk membuka bootloader pada ponsel Motorola? Namun sebelum melakukannya, pastikan dahulu kalau kamu sudah mengetahui terlebih dahulu tentang apa yang akan kamu lakukan tersebut. Jika kamu tidak mengetahui sama sekali tentang kunci bootloader, maka jika salah langkah melakukannya dapat menyebabkan kerusakan sistem.

Bootloader merupakan suatu kode yang akan memberi tahu sistem operasi ponsel untuk dapat melakukan booting ke sistem. Pada dasarnya, karena inilah yang dapat membuat ponsel Android dapat menyala dan berjalan seperti biasanya. Motorola telah melakukan pekerjaan untuk memastikan apakah perangkatnya memiliki versi Android yang telah dioptimalkan.

Dengan membuka kunci bootloader akan memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sistem ponsel secara bebas. Namun jika melakukan hal tersebut, terdapat banyak kerugian yang akan didapatkan oleh penggunanya. Jika kamu sudah siap untuk semua resikonya, silahkan kamu dapatkan dahulu kode Unlock Key Motorola sebelum melakukan Unlock Bootloader.

Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola

Unlock Key Motorola wajib didapatkan terlebih dahulu untuk pengguna ponsel Motorola yang ingin membuka kunci bootloader di ponselnya. Perlu diperhatikan, bahwa untuk mendapatkan kode unlock bootloader Motorola hanya dapat dilakukan dengan melalui website resminya. Jadi, jangan coba-coba menggunakan langkah-langkah yang tidak disarankan oleh Motorola.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Motorola.
  2. Selanjutnya download Minimal Adb and Fastboot Platform Tool dan Motorola USB Driver.
  3. Selanjutnya ekstrak kedua file tersebut dan install Motorola USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB, pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  5. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder Minimal Adb and Fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  6. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt (cmd) yang berwarna hitam.
  7. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader pada layar cmd dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk merestart ponsel ke Fastboot Mode.
  8. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum di PC.
  9. Selanjutnya ketik perintah fastboot oem get_unlock_data dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mendapatkan data unlock bootloader.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola #1

  10. Selanjutnya pada layar cmd akan menampilkan lima baris (bootloader), lalu copy dan simpan ke lima baris tersebut di notepad tanpa bagian (bootloader) dan spasi.
  11. Pastikan kelima baris tersebut telah di simpan di notepad menjadi satu baris strings saja, seperti pada gambar di bawah ini.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola #2

  12. Selanjutnya buka halaman website resmi Motorola disini.
  13. Selanjutnya login dahulu dengan menggunakan akun kalian masing-masing. Namun jika kamu belum memilikinya, silahkan kamu buat dulu akunnya.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola #3

  14. Selanjutnya paste kode string yang tadi telah kamu copy ke dalam kolom Make Sure Your Device Is Unlockable.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola #4

  15. Selanjutnya klik Can my device be unlocked.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola #5

  16. Selanjutnya tunggu sampai proses Verifying nya selesai.
  17. Selanjutnya klik Yes pada Legal Agreement and warning.
    Cara Mendapatkan Kode Unlock Bootloader Motorola #6

  18. Selanjutnya tunggu sampai pihak Motorola mengirimi kode Unlock Key ke alamat email yang tadi telah digunakan pada website tersebut.
  19. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil mendapatkan kode Unlock Key Motorola dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas. Jika kamu sudah mendapatkan Unlock Key tersebut, maka kamu sudah dapat melanjutkan ke tahap Unlock Bootloader Motorola.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Unlock Key Motorola hanya dapat dilakukan dengan melalui permohonan di website resmi Motorola. Jika kamu belum mendapatkan Unlock Key tersebut, maka kamu tidak akan dapat melakukan proses membuka kunci bootloader di ponsel tersebut. Dengan membuka kunci bootloader memungkinkan pengguna untuk memodifikasi ponsel.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments