Cara Unlock Bootloader Realme C11 Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Senin, 27 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Realme C11 Dengan Tepat

Cara Unlock Bootloader Realme C11 Dengan Tepat

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Realme C11. Untuk teman-teman yang ingin mengetahui proses Unlock Bootloader on Realme C11, silahkan kamu ikuti setiap langkah-langkahnya dalam panduan yang akan saya jelaskan di bawah ini secara lengkap dan pasti berhasil.

Dengan melalui instruksi yang akan saya berikan untuk membuka kunci bootloader pada Smartphone Realme, dijamin kamu akan berhasil untuk melakukannya. Dengan melakukan Unlock Bootloader di ponsel Android akan memberikan keuntungan untuk memodifikasi sistem ponsel dengan cara install a Custom ROM, TWRP Recovery, Root, atau lain sebagainya.

Sebelum kamu memulai proses membuka kunci bootloader di ponsel ini, alangkah baiknya jika kamu mengetahui dahulu beberapa spesifikasi yang diberikan oleh Realme C11. Ponsel ini telah dibekali dengan Chipset MediaTek MT6765G Helio G35, CPU Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), dan GPU PowerVR GE8320.

Nah, jika kamu tertarik ingin segera melakukan Cara Unlock Bootloader Realme C11, silahkan kamu ikuti setiap persyaratan dan instruksi yang telah saya jelaskan di bawah ini jika tidak ingin mengalami kegagalan selama prosesnya berlangsung. Untuk dapat melakukan proses Unlock Bootloader, kamu harus download dan install aplikasi unlock tool di ponsel Realme C11.

Spesifikasi Smartphone Android Realme C11

Realme C11 telah resmi dirilis pada tanggal 07 Juli 2020 dengan menggunakan Android 10 yang berbasis Realme UI. Ponsel ini memiliki seri model RMX2185 yang telah dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP dengan fitur LED flash dan HDR, panorama yang membuat kualitas foto yang diambil dapat menghasilkan gambar terbaik.

Untuk urusan prosesornya telah dibekali dengan Chipset MediaTek MT6765G Helio G35, CPU Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), dan GPU PowerVR GE8320. Penyimpanan internal memiliki kapasitas 32 GB dan RAM 2 GB / 3 GB yang cukup digunakan untuk keperluan sehari-hari, serta dapat menampung banyak file sekaligus.

Ponsel ini memiliki ukuran layar sebesar 6,5” dengan tipe IPS LCD, serta memiliki resolusi 720 x 1560 pixels (19.5:9 ratio). Untuk body-nya sendiri memiliki dimensions 164.4 x 75.9 x 9.1 mm (6.47 x 2.99 x 0.36 in) dengan berat 196 g. Tidak hanya itu saja, tetapi Realme C11 juga dapat digunakan dengan dual sim dengan jaringan yang mendukung GSM / HSPA / LTE.

Cara Unlock Bootloader Realme C11 Dengan Tepat

Apakah kamu sedang mencari panduan untuk Unlock Bootloader Realme C11 2021? Jika iya, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya dalam instruksi yang akan saya berikan di bawah ini. Namun sebelum kamu memulainya, pastikan dahulu kalau kamu sudah menyiapkan semua persyaratan yang telah saya cantumkan di bawah ini.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Dengan melakukan Unlock Bootloader, maka pengguna dapat melakukan install custom roms atau modifikasi lainnya. Tetapi ada beberapa persyaratan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Jika tidak, maka selama prosesnya berlangsung dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file-file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus di download. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses Unlock Bootloader di Realme C11. Jadi, pastikan untuk download semua file yang telah disediakan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Untuk ponsel Android yang belum diaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock, maka biasanya akan mengalami kegagalan saat proses membuka kunci bootloader sedang berlangsung. Oleh karena itu, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika kamu tidak mengetahui caranya, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Buka aplikasi Settings >> About Phone >> ketuk 7x pada Version atau Build Number.
  2. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang (Developer Option) telah diaktifkan.
  3. Selanjutnya kembali ke menu utama Settings >> Developer Options >> Enable USB Debugging dan OEM Unlocking.
  4. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Realme C11

Jika semua persyaratan di atas dan semua file yang dibutuhkan sudah di download semua, maka sekarang kamu sudah siap melanjutkan ke tahap unlock the bootloader. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui instruksi yang telah saya sediakan di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file yang sudah di download dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya install Realme USB Drivers di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya install In Depth Test.apk di ponsel Realme C11.
  5. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Realme.
  6. Selanjutnya jalankan aplikasi In-Depth Test yang tadi telah di install.
  7. Selanjutnya klik Start applying >> beri centang pada I have read and agreed to the aforesaid content >> Submit application..
  8. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai pengajuannya diterima oleh pihak Realme.
  9. Jika pengajuannya sudah diterima, maka akan muncul pesan Review Successful pada aplikasi In-Depth Test.
  10. Selanjutnya klik pada tombol Start the in-depth test, maka ponsel akan Restart secara otomatis dan akan masuk ke Fastboot Mode.
  11. Selanjutnya jalankan command prompt melalui folder minimal adb and fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder yang ada di bagian atas, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  12. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt (cmd) yang berwarna hitam.
  13. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan USB cable.
  14. Selanjutnya ketik perintah fastboot flashing unlock pada layar command prompt dan tekan enter.
  15. Selanjutnya pada layar ponsel akan menampilkan layar konfirmasi, lalu pilih Unlock The Bootloader dengan menavigasikannya menggunakan tombol Volume dan tombol Power untuk mengkonfirmasikannya.
  16. Selanjutnya proses Unlock Bootloader akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu sampai prosesnya selesai.
  17. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di ponsel Realme C11 dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah siap untuk melanjutkan ke tahap Install TWRP Recovery dan Root dengan menggunakan Magisk Latest Version.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Realme C11 RMX2185 hanya dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan dari minimal adb and fastboot platform tools for Windows. Namun pastikan juga bahwa ponsel Realme sudah di install apk In-Depth Test Latest Version untuk meminta pengajuan Unlock Bootloader secara resmi kepada pihak Realme.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments