Cara Install TWRP Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 23 Februari 2023

Cara Install TWRP Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

.

Cara Install TWRP Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Install TWRP Oppo A5. Pada tutorial ini sangat cocok digunakan untuk pengguna Android yang ingin melakukan Root atau Install Custom ROM di ponsel untuk dapat meningkatkan kinerja dan performa ponsel semakin lebih ringan dan lancar, serta tidak lag.

Oppo merupakan salah satu perangkat Android yang sangat banyak peminatnya. Saat ini sudah tidak terhitung lagi jumlah berapa orang yang telah menggunakannya dalam berkomunikasi. Ponsel Oppo A5 2020 memiliki spesifikasi menengah ke bawah dan dapat dengan mudah dimodifikasi seperti menginstal TWRP Recovery atau dengan Rooting.

Apakah di antara kalian pernah melakukan Root Oppo A5 2020? Jika iya, maka kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah TWRP. Iya, TWRP Recovery biasanya digunakan oleh pengguna Android yang senang memodifikasi ponsel dengan bebas. Pasalnya Recovery TWRP memungkinkan pengguna menginstal berbagai perangkat lunak pihak ketiga dengan mudah.

TWRP Recovery pada umumnya hanya dapat digunakan oleh pengembang ponsel untuk menginstal Custom ROM yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya kemajuan teknologi, sekarang banyak pengguna ponsel Android yang ingin mengetahui bagaimana melakukan Cara Install TWRP Oppo A5 tanpa resiko.

Cara Install TWRP Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

Cara Install TWRP Oppo A5 2020 sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai metode yang berbeda. Tapi sebagian besar pengguna ponsel Oppo akan menggunakan komputer seperti PC atau laptop. Karena ada satu perangkat lunak atau tool untuk menginstal TWRP di ponsel ini hanya dapat dijalankan dengan melalui komputer Windows, yaitu dengan Command Prompt.

Oppo A5 2020 telah resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2019 dengan dibekali spesifikasi yang mumpuni. Ukuran dari ponsel ini sekitar 6.5” dan tersedia dua pilihan warna, yaitu Mirror Black dan Dazzling White. Kapasitas baterainya telah dilengkapi dengan tipe Li-Po 5000 mAh, non-removable, dengan kata lain merupakan suatu baterai tanam yang tidak dapat dilepas.

Saat pertama kali digunakan, Oppo A5 2020 sudah menggunakan Android 9.0 dan dapat di upgrade ke Android 10. Untuk kemampuan prosesornya telah dibekali dengan Chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm), CPU Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver), dan GPU Adreno 610 yang sudah sangat sesuai.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang akan diperlukan untuk proses instalasi TWRP di ponsel Oppo A5 2020. Selain itu, semua persyaratan ini juga berlaku pada Cara Root Oppo A5 2020 dengan Magisk Zip yang di flash melalui Mode Recovery TWRP.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader terlebih dahulu.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu download semuanya. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses instalasi TWRP di Oppo A5 2020. Jadi, pastikan dahulu kalau kamu sudah mengunduh semua file tersebut dengan lengkap.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Sebelum teman-teman memulai proses instalasi TWRP di Oppo A5 2020, maka kamu harus Mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Oppo terlebih dahulu. Untuk dapat mengaktifkan kedua fitur tersebut, kamu dapat melakukannya melalui menu Developer Options.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan ponsel.
  2. Selanjutnya scroll ke bawah, lalu pilih About Phone >> ketuk 7x pada Nomor Bentukan.
  3. Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan >> Pengaturan Tambahan >> pilih Opsi Pengembang.
  5. Selanjutnya klik pada tombol USB Debugging dan OEM Unlock untuk mengaktifkannya.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Install TWRP di Oppo A5

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua persyaratan dan bahan-bahan di atas, maka sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap Install TWRP di Oppo A5 2020. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat melalui penjelasan di bawah ini secara lengkap.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum melakukannya, maka kamu dapat melihat caranya dengan melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan Oem Unlock.
  4. Selanjutnya download semua file-file di atas.
  5. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder agar mudah ditemukan.
  6. Selanjutnya install Oppo USB Driver di PC atau laptop.
  7. Selanjutnya rename file TWRP yang tadi sudah di ekstrak menjadi recovery.img, lalu pindahkan ke dalam folder minimal adb dan fastboot.
  8. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  9. Selanjutnya jalankan command prompt atau cmd melalui folder minimal adb and fastboot dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  10. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan command prompt yang berwarna hitam.
  11. Selanjutnya ketikkan perintah adb devices pada layar command prompt dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi di PC atau belum.
  12. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel ke Fastboot Mode.
  13. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk memulai proses pemasangan TWRP di Oppo A5 2020.
  14. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot boot recovery.img dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk me-restart ponsel ke Recovery TWRP Mode.
  15. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP di Oppo A5 2020 dengan mengikuti panduan yang telah saya sediakan di atas. Sekarang kamu sudah bisa melanjutkan ke tahap proses root dengan menggunakan Magisk Latest Version.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Oppo A5 2020 dapat dilakukan dengan menggunakan komputer yang dibantu melalui Minimal Adb and Fastboot Platform Tool. Dengan menginstal TWRP Recovery di ponsel Android memungkinkan pengguna untuk melakukan Root atau Install Custom ROM. Selain itu juga dapat digunakan untuk backup sistem.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda