Cara Root Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 02 Februari 2023

Cara Root Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

.

Cara Root Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Root Oppo A5. Pada tutorial yang akan saya jelaskan disini sangat cocok digunakan untuk pengguna yang ingin melakukan modifikasi ponsel dengan cara menginstal Custom ROM atau tweak lainnya yang digunakan untuk meningkatkan performa ponsel.

Dengan mempunyai suatu perangkat Android yang dapat dikustomisasi, tentu akan sangat menyenangkan sekali. Pengguna dapat dengan bebas untuk mengganti font, tema, wallpaper, ikon, atau bahkan mampu menginstal game khusus. Namun untuk dapat melakukan semua hal itu, pengguna harus melakukan syarat utamanya terlebih dahulu, yaitu Unlock Bootloader.

Seperti yang diketahui, bahwa setiap Smartphone Android yang telah dijual dipasaran, pasti kondisinya dalam keadaan di lock OEM dan tidak ada akses root. Tentu saja hal itu dibuat agar ponsel memiliki sistem keamanan agar tidak mudah terkena virus. Tetapi tidak semua orang menginginkan hal tersebut, ada segelintir orang yang ingin mengetahui cara root Oppo A5.

Oleh karena itu, dengan melalui halaman ini saya akan membantu teman-teman pengguna hp Oppo yang ingin mendapatkan akses root untuk bisa memodifikasi ponselnya dengan bebas. Root Oppo A5 2020 yang akan saya berikan di bawah ini, disini saya akan menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu dengan menggunakan aplikasi KingRoot dan Magisk Zip.

Cara Root Oppo A5 Terbaru Dengan Mudah

File Root Oppo A5 2020 yang akan saya gunakan pada tutorial ini, disini saya akan menggunakan aplikasi KingRoot dan Magisk yang di flash melalui TWRP Recovery. Sebelum kamu melakukannya, maka untuk memulai proses root tersebut ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya kegagalan rooting.

Oppo A5 2020 telah resmi diluncurkan pada bulan Oktober 2019 dengan dibekali spesifikasi yang mumpuni. Ukuran dari ponsel ini sekitar 6.5” dan tersedia dua pilihan warna, yaitu Mirror Black dan Dazzling White. Kapasitas baterainya telah dilengkapi dengan tipe Li-Po 5000 mAh, non-removable, dengan kata lain merupakan suatu baterai tanam yang tidak dapat dilepas.

Saat pertama kali digunakan, Oppo A5 2020 sudah menggunakan Android 9.0 dan dapat di upgrade ke Android 10. Untuk kemampuan prosesornya telah dibekali dengan Chipset Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm), CPU Octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver), dan GPU Adreno 610 yang sudah sangat sesuai.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Jika tidak, maka kamu akan mengalami kegagalan selama proses root di ponsel Android Oppo A5 2020 sedang berlangsung dan dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sistem.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi daya minimal 50%.
  • Backup semua data-data yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Siapkan komputer, kabel USB, dan koneksi internet yang stabil.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader dan Install TWRP Recovery.
  • Download semua file-file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus di download semuanya, karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses root tanpa PC. Pastikan untuk memilih file yang sesuai untuk proses root Oppo A5 2020 via aplikasi KingRoot atau Magisk.

3. Langkah-langkah Root di Oppo A5

Jika kamu sudah selesai menyiapkan semua persyaratan di atas dan semua file-file yang diperlukan, maka sekarang kamu sudah bisa memulai proses root Oppo A5 2020 tanpa PC. Untuk langkah-langkahnya dapat kamu lihat pada dua metode yang berbeda di bawah ini.

1. Root dengan menggunakan KingRoot

Cara pertama yang akan saya beritahukan terlebih dahulu adalah dengan menggunakan aplikasi KingRoot. Untuk melakukan root dengan menggunakan cara ini, kamu tidak perlu melakukan Unlock Bootloader atau Install TWRP Recovery di ponsel Oppo A5 2020.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download aplikasi KingRoot.
  2. Selanjutnya ekstrak file tersebut dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  3. Selanjutnya Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Oppo.
  4. Selanjutnya klik pada file KingRoot.apk yang tadi sudah di ekstrak, lalu install dahulu sampai prosesnya selesai.
  5. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu open untuk menjalankannya.
  6. Selanjutnya scroll ke bawah, lalu klik Try It.
  7. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai KingRoot selesai memindai ponsel.
  8. Jika proses untuk pemindaiannya sudah selesai, lalu klik Start Root.
  9. Selanjutnya proses root akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu sampai prosesnya selesai.
  10. Jika prosesnya sudah selesai, lalu Restart ponsel.
  11. Selesai.

2. Root dengan menggunakan Magisk

Cara berikutnya yang akan saya jelaskan adalah dengan melalui Magisk. Untuk membuka dan mendapatkan akses root dengan cara ini, pastikan dahulu kalau ponsel sudah di Unlock Bootloader dan terinstal TWRP Recovery. Jika tidak, maka proses root tersebut akan mengalami kegagalan dan menyebabkan bootloop.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader dan Install TWRP Recovery.
  2. Jika di ponsel kamu belum melakukan kedua hal tersebut, maka kamu dapat melihatnya melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Oppo.
  4. Selanjutnya download semua file di atas, lalu ekstrak semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  5. Selanjutnya pindahkah file Magisk.apk ke penyimpanan internal, lalu rename menjadi Magisk.zip.
  6. Selanjutnya nyalakan ponsel ke mode TWRP Recovery dengan cara sebagai berikut:
    1. Matikan ponsel sampai posisi benar-benar off.
    2. Selanjutnya tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan.
  7. Jika ponsel sudah masuk ke mode TWRP Recovery, lalu pilih menu Install.
  8. Selanjutnya cari file Magisk.zip yang tadi sudah dipindahkan ke penyimpanan internal.
  9. Jika sudah ketemu, lalu pilih file Magisk tersebut dan Swipe to confirm flash.
  10. Selanjutnya proses root akan langsung berjalan secara otomatis, lalu tunggu sampai prosesnya selesai.
  11. Jika prosesnya sudah selesai, lalu Reboot System.
  12. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan root di Oppo A5 2020 dengan menggunakan salah satu tutorial cara root yang telah saya jelaskan di atas. Untuk mengecek apakah ponsel sudah di root atau belum, kamu dapat mengeceknya dengan melalui aplikasi Root Checker.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Root Oppo A5 2020 dapat dilakukan dengan menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu dengan aplikasi KingRoot dan Magisk yang di flash melalui TWRP Recovery. Kedua metode tersebut sama-sama dapat dilakukan dengan root tanpa PC. Selain itu, kedua cara di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda