Cara Unlock Bootloader Realme X50 Pro Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Senin, 27 Februari 2023

Cara Unlock Bootloader Realme X50 Pro Dengan Tepat

Cara Unlock Bootloader Realme X50 Pro Dengan Tepat

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai Unlock Bootloader Realme X50 Pro. Setiap perangkat ponsel Android Realme, pasti akan memiliki bootloader on Realme X50 Pro untuk melindungi ponsel dari kerusakan sistem yang diakibatkan dengan menginstal perangkat lunak ketiga tidak resmi.

Pada panduan membuka kunci bootloader terhadap ponsel Realme, disini saya akan menggunakan metode Official Unlock Bootloader dan menggunakan Minimal Adb and Fastboot. Jika kamu membuka kunci bootloader di ponsel ini, maka pada Smartphone tersebut tidak akan lagi mendapatkan notifikasi OTA updates untuk memperbarui versi perangkat lunak ponsel.

Realme telah menjadi salah satu brand Smartphone Android yang cukup populer. Pasalnya pabrikan Realme telah memproduksi ponsel Android dengan spesifikasi yang canggih, serta dijual dengan harga yang terjangkau. Dengan banyaknya pengguna ponsel Realme, sampai saat ini banyak orang yang ingin melakukan Unlock Bootloader on Realme X50 Pro.

Perusahaan ternama Realme telah menyediakan metode Unlock Bootloader Realme X50 Pro 5G secara resmi. Metode ini sangat cocok digunakan untuk setiap pengguna ponsel Realme yang ingin memodifikasi sistem ponsel dengan cara menginstal Custom ROM, TWRP Recovery, dan Root dengan menggunakan Magisk Latest Version maupun SuperSU.

Cara Unlock Bootloader Realme X50 Pro Dengan Tepat

Cara Unlock Bootloader Realme X50 Pro merupakan syarat utama untuk dapat melakukan proses install a Custom Recovery TWRP dan Root. Tanpa melalui Unlock Bootloader, maka sudah dipastikan bahwa proses instalasi TWRP atau Root tersebut akan mengalami kegagalan dan menyebabkan ponsel mengalami bootloop alias stuck di logo dan tidak dapat dinyalakan.

Bootloader pada ponsel Realme X50 Pro tersebut dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan unlock tool yang bernama Minimal Adb and Fastboot Platform Tools. Namun ada beberapa langkah tambahan yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu dengan mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock, serta menginstal aplikasi In Depth Test for Realme.

Kegunaan dari aplikasi In-Depth Test tersebut akan digunakan untuk memvalidasi proses Unlock Bootloader yang akan dilakukan. Jika ponsel belum di validasi melalui apk tersebut, maka ponsel belum memiliki akses untuk membuka kunci bootloader secara resmi. Karena metode ini merupakan cara resmi yang telah direkomendasikan oleh pihak Realme.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum memulai proses Unlock Bootloader di Realme X50 Pro. Pastikan untuk mengikuti setiap syarat-syarat yang telah disediakan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Siapkan komputer, USB cable, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file-file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu download semua. Karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses Unlock Bootloader di Realme X50 Pro. Jadi, pastikan untuk mengunduh semua file di bawah ini jika tidak ingin mengalami kegagalan.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Dengan mengaktifkan USB Debugging dan OEM Unlock melalui Developer Option akan membantu memperlancar proses Unlock Bootloader. Sedangkan jika kamu tidak mengaktifkan kedua fitur ini, maka akan menyebabkan terjadinya kegagalan saat prosesnya sedang berlangsung.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih Tentang Ponsel, lalu pilih Versi.
  3. Selanjutnya ketuk 7x pada Build Number, maka akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Tambahan >> Opsi Pengembang.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah Unlock Bootloader di Realme X50 Pro

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas dan semua file yang diperlukan, sekarang kamu dapat melanjutkan ke tahap Unlock Bootloader di Realme X50 Pro. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah diberikan jika ingin prosesnya dapat berjalan dengan lancar.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Realme USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya install apk In-Depth Test di ponsel Realme.
  5. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Realme.
  6. Selanjutnya jalankan aplikasi In-Depth Test yang sudah terinstal, lalu klik Start Applying.
  7. Selanjutnya akan muncul tampilan Disclaimer, lalu beri tanda centang pada I have read and agreed to the aforesaid content dan klik Submit application.
  8. Selanjutnya tunggu beberapa saat sampai permohonan kamu untuk membuka kunci bootloader disetujui oleh pihak Realme.
  9. Jika permohonannya sudah disetujui, maka akan muncul pesan Review Successfull pada aplikasi In-Depth Test.
  10. Selanjutnya klik Start the in depth test, maka ponsel akan restart secara otomatis dan akan masuk ke Fastboot Mode.
  11. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB.
  12. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder adb and fastboot dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan hit enter.
  13. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan cmd yang berwarna hitam.
  14. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices pada layar command prompt, lalu tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi atau belum.
  15. Selanjutnya ketik perintah fastboot flashing unlock dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk memulai tahap bootloader unlocking process.
  16. Selanjutnya pada layar ponsel akan menampilkan pesan, lalu arahkan ke Unlock the Bootloader dengan cara menggunakan tombol Volume, lalu untuk mengkonfirmasikannya menggunakan Power button.
  17. Selanjutnya ponsel akan restart secara otomatis dan proses Unlock Bootloader akan langsung berjalan.
  18. Selanjutnya tunggu sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.
  19. Jika prosesnya sudah selesai, maka ponsel akan langsung kembali menyala dan masuk ke OS-nya.
  20. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan Unlock Bootloader di Realme X50 Pro dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan di atas. Sekarang ponsel kamu sudah siap untuk melakukan Install TWRP dan Root dengan menggunakan Magisk versi terbaru.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Unlock Bootloader Realme X50 Pro 5G dapat dilakukan dengan menggunakan PC dan melalui minimal adb and fastboot platform tools. Namun sebelum memulai proses membuka kunci bootloader di ponsel Realme, kamu harus meminta permohonan Unlock Bootloader dahulu dengan menggunakan aplikasi In-Depth Test.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments