Cara Install TWRP Realme X50 Pro Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 23 Februari 2023

Cara Install TWRP Realme X50 Pro Dengan Tepat

Cara Install TWRP Realme X50 Pro Dengan Tepat

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial tentang TWRP Realme X50 Pro. Dengan menginstal Custom Recovery TWRP di ponsel Android memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sistem dengan cara install Custom ROM atau Root. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan proses nandroid backup sistem ponsel.

Realme X50 Pro pertama kali digunakan akan menggunakan Android 10 dan telah ditenagai dengan prosesor Snapdragon 865. Dengan disematkan kemampuan prosesor seperti ini dapat membuat performa ponsel menjadi ringan. Terlebih lagi jika pada perangkat tersebut telah ditanamkan TWRP Recovery on Realme X50 Pro, maka performa akan semakin lebih baik.

Ponsel Android yang satu ini merupakan salah satu jenis Smartphone Android dengan kualitas tinggi yang telah menawarkan layar Full HD + Super AMOLED 6,44” dengan dukungan 90Hz. Namun sebelum teman-teman melakukan instalasi TWRP, pastikan dahulu kalau kamu sudah melakukan Unlock Bootloader di Realme X50 Pro jika tidak ingin mengalami kegagalan.

Untuk kemampuan kamera dari ponsel ini telah mendukung lensa Quad Camera dengan kualitas 64 MP, termasuk lensa primer dengan resolusi tinggi dan lensa telefoto 12 MP. Apakah kamu tertarik ingin melakukan Install TWRP Realme X50 Pro? Jika iya, maka kamu dapat mengikuti caranya dengan langkah-langkah di bawah ini menggunakan file Unofficial TWRP.

Cara Install TWRP Realme X50 Pro Dengan Tepat

Cara Install TWRP Realme X50 Pro dapat dilakukan dengan melalui perangkat seperti PC atau laptop. Karena metode ini akan menggunakan Minimal Adb and Fastboot Platform Tools. Jadi pastikan bahwa kalian telah memiliki komputer Windows seperti yang telah saya instruksikan. Tetapi perlu diperhatikan, bahwa file ini hanya cocok digunakan untuk Realme X50 Pro saja.

Untuk dapat menginstal TWRP Recovery di ponsel ini, pastikan dahulu kalau di ponsel Realme kamu sudah dalam keadaan terbuka kunci bootloader. Jika ponsel masih terkunci bootloader, biasanya ponsel akan mengalami kegagalan saat prosesnya sedang berlangsung. Hal tersebut dapat mengakibatkan, kamu tidak dapat melanjutkan ke tahap Root Realme X50 Pro.

Sebenarnya tidak hanya Unlock Bootloader saja, tetapi ada beberapa persyaratan yang harus teman-teman lakukan terlebih dahulu sebelum melakukan root via TWRP Recovery. Semua persyaratan tersebut juga berlaku untuk pemasangan TWRP di ponsel Realme. Jadi, pastikan dahulu kalau kamu sudah menyiapkan semua syarat-syarat yang diperlukan.

1. Semua persyaratan yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa persyaratan untuk Realme X50 Pro 5G. Jika salah satu persyaratan tersebut ada yang tidak dilakukan, maka saya tidak bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan menyebabkan ponsel mengalami kerusakan sistem.

  • Isi daya baterai ponsel sampai terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di penyimpanan internal.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader.
  • Siapkan PC, USB cable, dan koneksi internet yang stabil.
  • Download semua file yang diperlukan.
  • Siap menerima semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file yang diperlukan

Di bawah ini telah saya sediakan beberapa file yang harus kamu download TWRP Recovery-nya. Selain itu, kamu juga harus mengunduh file lainnya, karena semua file tersebut akan digunakan untuk proses instalasi Custom Recovery TWRP di Realme X50 Pro.

3. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock

Untuk dapat melakukan cara root Realme X50 Pro dengan Magisk, kamu juga harus mengaktifkan fitur USB Debugging dan OEM Unlock di Realme. Jika tidak, maka ponsel Realme tidak akan terdeteksi di PC dan akan mengalami bootloop apabila OEM masih terkunci.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan.
  2. Selanjutnya pilih Tentang Ponsel, lalu pilih Versi.
  3. Selanjutnya ketuk 7x pada Build Number, maka akan muncul notifikasi bahwa Opsi Pengembang telah diaktifkan.
  4. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan, lalu pilih Pengaturan Tambahan >> Opsi Pengembang.
  5. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selesai.

4. Langkah-langkah install TWRP di Realme X50 Pro

Jika kamu sudah menyiapkan semua persyaratan di atas dan semua file yang diperlukan sudah di download, sekarang kamu sudah siap untuk melanjutkan proses install TWRP Recovery di Realme X50 Pro. Pastikan untuk selalu mengikuti setiap instruksi yang telah disebutkan jika tidak ingin mengalami kegagalan.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan download semua file di atas.
  2. Selanjutnya ekstrak semua file tersebut dan simpan di dalam satu folder.
  3. Selanjutnya install Realme USB Driver di PC atau laptop.
  4. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock.
  5. Selanjutnya pindahkan file TWRP Recovery Img ke dalam folder minimal adb and fastboot yang sudah di ekstrak.
  6. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder adb and fastboot yang sudah di ekstrak dengan cara sebagai berikut:
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder tersebut sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder, lalu ketik cmd dan tekan enter.
  7. Jika kamu melakukannya dengan benar, maka akan muncul tampilan cmd yang berwarna hitam.
  8. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam kondisi menyala dan tidak terkunci layar.
  9. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader pada layar cmd tadi dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk merestart ponsel ke Fastboot Mode.
  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk memulai proses instalasi TWRP Recovery.
  11. Selanjutnya jika proses instalasinya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot reboot dan tekan enter. Perintah tersebut digunakan untuk merestart ponsel secara otomatis.
  12. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil melakukan instalasi TWRP Recovery di Realme X50 Pro dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya sediakan di atas. Jika kamu ingin mengetahui how to root Realme X50 Pro, maka kamu dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya sediakan pada bagian Baca Juga.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Install TWRP Realme X50 Pro 5G dapat dilakukan dengan menggunakan minimal adb and fastboot dan menggunakan file Unofficial TWRP. Dengan menginstal TWRP di ponsel Android yang memiliki kelebihan Amoled display dapat memungkinkan pengguna untuk memodifikasi sistem ponsel dengan menginstal tweak.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Disqus comments