Cara Install TWRP Realme C11 Dengan Tepat - Tips Tutorial Bersama

Kamis, 23 Februari 2023

Cara Install TWRP Realme C11 Dengan Tepat

.

Cara Install TWRP Realme C11 Dengan Tepat

Pada artikel yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini, disini saya akan membuatkan tutorial mengenai TWRP Realme C11. TWRP Recovery sangat berguna sekali untuk menginstal custom rom. Custom rom tersebut merupakan sebuah firmware yang telah dimodifikasi agar dapat memiliki kinerja dan performa yang lebih ringan dibandingkan menggunakan stock rom.

Seperti yang diketahui, bahwa saat ini sudah tersedia berbagai produk Smartphone di dunia. Dari sekian banyaknya Smartphone yang telah diproduksi oleh beberapa pabrikan, Realme salah satu brand yang cukup populer di dunia. Pasalnya ponsel pintar yang satu ini memiliki spesifikasi yang mumpuni, serta dapat dilakukan flash TWRP Recovery dengan mudah.

TWRP Recovery on Realme dapat membantu setiap pengguna ponsel Android tersebut yang ingin memodifikasi sistem ponselnya. Sebagian besar metode modifikasi tersebut akan melalui mode TWRP Recovery. Jadi, tidak heran kalau banyak pengguna ponsel Realme C11 yang ingin menginstalnya, walaupun ponsel ini telah dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni.

Realme C11 telah resmi diluncurkan pada tahun 2020 dengan menggunakan Android 10, Chipset MediaTek MT6765G Helio G35, dan CPU Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53). Walaupun ponsel ini sudah dilengkapi dengan hardware yang terbilang memuaskan, tetapi masih saja ada sebagian orang yang ingin Install TWRP Realme C11.

Spesifikasi Smartphone Android Realme C11

Realme C11 pertama kali diluncurkan pada tanggal 07 Juli 2020 dan diberi kode model RMX2185. Ponsel ini telah dibekali dengan Android 10 dan dapat di upgrade ke versi Android terbaru. Realme C11 memiliki layar 6.5” dan kamera belakang beresolusi 13 MP, serta kamera depan 5 MP dengan fitur LED flash, HDR, panorama dan video 1080p@30fps.

Untuk performa prosesornya telah menggunakan Chipset MediaTek MT6765G Helio G35, CPU Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), dan GPU PowerVR GE8320. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya telah dibekali dengan kapasitas 32 GB dan RAM 2 GB / 3 GB yang terbilang sudah cukup untuk keperluan sehari-hari maupun bekerja.

Dengan dilengkapi dengan daftar spesifikasi seperti ini sudah membuat Realme C11 menjadi Smartphone Android kelas menengah yang paling banyak diminati, terutama untuk wilayah Asia Tenggara. Nah, jika kamu ingin menginstal TWRP dan Download TWRP Realme C11, maka kamu dapat download file recovery image tersebut dengan melalui link di bawah ini.

Cara Install TWRP Realme C11 Dengan Tepat

TWRP adalah singkatan dari Team Win Recovery Project yang dapat digunakan untuk memodifikasi sistem ponsel dengan cara mem-flash file mod, custom rom, module, dan lain sebagainya. Recovery on Realme C11 juga telah tersedia versi terbarunya, serta dapat dipasangkan dan akan menggantikan recovery bawaan dari ponsel tersebut.

1. Semua persyaratan yang harus dilakukan

Sebelum kalian memulai proses instalasi TWRP di ponsel Realme C11, ada satu hal yang harus saya beritahukan terlebih dahulu, bahwa dengan menginstal recovery custom ini akan menghilangkan garansi resmi ponsel (device warranty). Jadi, apakah kamu sudah siap untuk kehilangan semua garansi resmi tersebut?

  • Pastikan sudah menyiapkan PC atau laptop.
  • Pastikan ponsel sudah di Unlock Bootloader.
  • Download dan install semua bahan-bahan yang diperlukan.
  • Pastikan daya baterai ponsel sudah terisi minimal 50%.
  • Backup semua data-data penting yang tersimpan di internal storage.
  • Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock melalui menu Developer Options.
  • Siap menerima dan menanggung semua resiko apapun yang akan terjadi.

2. Download semua file-file yang diperlukan

Jika kamu sudah menyiapkan semua syarat-syarat di atas, maka sekarang kalian sudah bisa mendownload semua file-file yang akan digunakan untuk proses instal TWRP di Realme C11. Pastikan untuk download semua file tersebut dan jangan ada satu file pun yang tertinggal.

3. Langkah-langkah instalasi TWRP di Realme C11

Untuk proses install TWRP Recovery di ponsel ini sangat mudah, tetapi kamu harus mengikuti setiap instruksi yang telah saya berikan jika tidak ingin mengalami kegagalan. Karena saya tidak bertanggung jawab apabila ponsel kalian mengalami kerusakan sistem dan akan saya anggap bahwa kamu sudah siap menerima semua resiko apapun.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah dengan melakukan Unlock Bootloader.
  2. Jika di ponsel kamu belum di Unlock Bootloader, maka kalian dapat melihat caranya melalui artikel yang telah saya berikan pada bagian Baca Juga.
  3. Selanjutnya download semua bahan-bahan di atas dan extract dengan menggunakan WinRar versi terbaru.
  4. Selanjutnya install Realme USB Driver di PC atau laptop.
  5. Selanjutnya aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock di Realme. Untuk langkah-langkahnya bisa mengikuti cara di bawah ini.
    1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) >> Tentang Ponsel (About Phone).
    2. Selanjutnya ketuk 7x pada Version, maka akan menampilkan Opsi Pengembang telah diaktifkan.
    3. Selanjutnya kembali ke menu utama Pengaturan (Settings) >> Opsi Pengembang (Developer Options).
    4. Selanjutnya aktifkan tombol pada USB Debugging dan OEM Unlock.
  6. Selanjutnya sambungkan ponsel ke PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan ponsel dalam keadaan menyala dan tidak terkunci layar.
  7. Selanjutnya rename file TWRP yang tadi sudah di extract menjadi twrp.img, lalu pindahkan file tersebut ke dalam folder minimal adb and fastboot yang sudah di extract.
  8. Selanjutnya jalankan command prompt (cmd) melalui folder adb and fastboot. Untuk caranya bisa kamu lihat dalam langkah-langkah di bawah ini.
    1. Windows 7: Buka folder adb and fastboot, lalu klik kanan pada area kosong di dalam folder sambil menekan tombol Shift, lalu pilih Open command window here.
    2. Windows 10 / 11: Buka folder adb and fastboot, lalu klik pada kolom Location Folder dan ketik cmd, lalu tekan enter.
  9. Selanjutnya ketik perintah adb reboot bootloader pada layar cmd yang tadi telah berhasil terbuka, lalu tekan enter. Perintah tersebut akan me-reboot ponsel ke mode fastboot atau bootloader.
  10. Selanjutnya ketik perintah fastboot devices dan tekan enter. Perintah tersebut akan mengecek apakah ponsel sudah terdeteksi di cmd atau belum.
  11. Selanjutnya ketik perintah fastboot flash recovery twrp.img dan tekan enter. Perintah tersebut akan digunakan untuk memulai proses instalasi TWRP.
  12. Jika proses instalasinya sudah selesai, lalu ketik perintah fastboot boot twrp.img dan tekan enter. Perintah tersebut akan me-reboot ponsel dan akan langsung masuk ke mode recovery TWRP.
  13. Selesai.

Sampai disini kamu telah selesai dan berhasil menginstal TWRP Recovery di Realme C11 dengan menggunakan bantuan adb fastboot. Selanjutnya kalian sudah dapat melakukan proses root dengan menggunakan Magisk atau SuperSU. Jika kalian tidak mengetahui caranya, maka kamu dapat melihat langkah-langkahnya dalam artikel yang telah saya sediakan di atas.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah Cara Pasang TWRP Realme C11 merupakan metode awal yang akan digunakan untuk melakukan root Realme C11 dengan menggunakan Magisk atau SuperSU. Jika ponsel belum terinstal TWRP Recovery, maka proses root tidak dapat dilanjutkan dan tentu saja tidak akan dapat menginstal custom rom atau yang lainnya.

Semoga dengan artikel yang telah kami berikan ini dapat bermanfaat untuk teman-teman. Akhir kata kami ucapkan terimakasih banyak bahwa kamu sudah mengunjungi halaman Tipstutorialbersama.com untuk mengikuti tutorial ini. Sampai jumpa kembali di artikel saya yang selanjutnya dan jangan sampai terlewat dengan postingan kami yang lainnya.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda