Cara Hard Reset Smartphone LG G4 H811 Via Factory Recovery - Tips Tutorial Bersama

Selasa, 06 Juli 2021

Cara Hard Reset Smartphone LG G4 H811 Via Factory Recovery

Pada postingan yang akan kami sampaikan di bawah ini adalah mengenai LG G4 H811 Hard Reset via Recovery. Bagi kalian pengguna smartphone LG G4 dan mengalami masalah system, maka dapat menggunakan cara di bawah ini untuk dapat segera mengatasinya. Walaupun pada awalnya ponsel yang kamu miliki ini baik-baik saja, dan tiba-tiba mengalami crash atau apapun, pasti hal tersebut di kemudian hari akan terjadi cepat atau lambat.

Apabila kamu mengalami permasalahan di atas, dan mengikuti tutorial yang akan kami sampaikan di bawah ini. Hal tersebut secara tidak langsung akan memberikan suatu pengalaman dan pembelajaran bagaimana untuk mengatasinya. Selain itu, cara berikut ini juga dapat dilakukan apabila kamu mengalami masalah seperti lupa kunci layar pada smartphone LG G4 tersebut.

Seperti yang kita ketahui, bahwa ponsel ini memiliki spesifikasi yang lumayan dan harganya pun kini sudah terjangkau. Setelah pertama kali diluncurkan ke publik, ponsel Android yang satu ini di sambut meriah oleh para pembeli. Selang beberapa bulan kemudian, pada LG G4 ini terdapat beberapa pembaruan sistem yang dapat di download secara otomatis melalui menu pengaturan.

Jika, kalian pengguna Smartphone LG G4 dan tidak menerima informasi pembaruan terbaru tersebut. Maka kamu dapat download Firmware LG G4 H811 terbaru dan melakukan langkah update secara manual melalui tool yang telah di sediakan. Hal tersebut memang pada beberapa smartphone ada yang tidak menerima info pembaruan OS.

Baca Juga : Download Stock T-mobile LG G4 H811 Android 6.0 Firmware H81120i.kdz

Seperti yang sudah kami katakan sebelumnya, bahwa untuk dapat melakukan install ulang pada LG G4 H811 terdapat beberapa langkah yang dapat kita manfaatkan dengan baik, salah satunya dengan menggunakan menu recovery dan melalui software yang dikerjakan melalui PC. Nantinya kalian dapat memilih ingin menggunakan cara yang mana dan yang termudah bagi kalian.

Smartphone keluaran LG juga termasuk salah satu ponsel Android yang sangat populer di berbagai negara yang ada di dunia. Walaupun perangkat ini cukup dikenal, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa kelak di kemudian hari akan mengalami error yang terjadi pada sistem Android tersebut. Walaupun mengalami permasalahan seperti tersebut, kita sebagai pengguna Android harus bisa menyelesaikannya sendiri.

Sebab tidak selamanya kita harus bergantung dengan orang lain, terutama menggunakan jasa servis. Bayangkan saja, apabila kalian tinggal di sebuah desa terpencil yang jauh dari pertokoan. Maka tidak mungkin untuk pergi ke desa lainnya yang jaraknya berpuluh-puluh kilometer, hanya untuk mengatasi masalah yang terjadi pada handphone kita sendiri.

Maka dari itu, sangat penting sekali untuk mengetahui berbagai solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Dan kita pun tidak perlu pergi jauh-jauh hanya untuk membetulkannya, terlebih lagi ongkos perjalanan yang nantinya akan dikeluarkan.

Sekarang ini sudah banyak berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah sistem yang terjadi pada smartphone LG G4. Sebagian besar bagi mereka yang sudah mengetahuinya, maka mereka akan menggunakan cara Flash LG G4 H811. Karena cara tersebut memiliki beberapa keuntungan, diantaranya semua virus atau aplikasi yang crash akan terhapus semua.

Baca Juga : Cara Flashing Asus Zenfone Max Pro M1 Via Command Prompt

Bagi kalian yang belum mengetahui apa itu factory reset atau hard reset, disini akan kami jelaskan sedikit mengenai poin-poin pentingnya. Factory Reset atau Hard Reset adalah sebuah proses yang dapat digunakan untuk menghapus semua data-data yang tersimpan di dalam ponsel dan mengembalikannya lagi ke dalam setelan pabrik, dengan kata lain ponsel akan seperti baru lagi setelah melakukan hal ini.

Sementara itu di sisi lain, Hard Reset juga menangani hilangnya data-data yang di sebabkan karena menghapus dan membersihkan semua data pribadi yang ada di perangkat tersebut dan membuatnya 100% bersih seperti sedia kala. Sebelum melakukan hal ini, penggunanya disarankan untuk membuat backup data terlebih dahulu dan melanjutkannya ke proses Hard Reset ini.

Hard Reset biasanya dilakukan untuk mereka-mereka yang ingin menjual perangkat tersebut ke orang lain atau bisa juga terjadinya masalah yang menyebabkan OS tidak dapat boot ke menu utama secara normal. Selain Hard Reset, ada juga Soft Reset yang biasanya untuk membersihkan RAM atau file-file Cache yang terdapat pada perangkat tersebut.

Nah, bagi kalian yang ingin melakukan Root LG G4, alangkah baiknya melakukan Hard Reset terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan selama proses rooting tersebut berjalan. Faktor terbesar yang menyebabkan terjadinya kegagalan root pada perangkat Android, karena adanya error pada sistem Android. Maka dari itu, langkah factory reset ini cukup penting.

Baca Juga : Cara Root HTC M9 Terbaru di Android 7 (Nougat)

Hard Reset atau biasa di kenal sebagai reset pabrik, akan memungkinkan penggunanya untuk dapat menghapus semua informasi yang terdapat dalam perangkat Android tersebut dan mengembalikan sofware ke dalam pengaturan pabrikan asalnya. Cara ini dapat dilakukan, apabila penggunanya mengalami masalah yang benar-benar serius.

Karena dapat menyebabkan kehilangan semua data-data penting di dalamnya. Factory Reset dapat dilakukan dengan menggunakan Mode Recovery bawaan atau yang sudah menggunakan Custom Recovery. Untuk dapat menggunakan Custom Recovery tersebut, kalian harus menginstal TWRP LG G4 H811 terlebih dahulu.

Terdapat beberapa fitur yang dimiliki oleh custom recovery, tidak seperti pada recovery bawaan yang memiliki keterbatasan fitur. Berbagai fitur menarik lainnya hanya ada pada TWRP Recovery, salah satunya adalah dapat mem-flash file yang berformat zip. Sedangkan pada recovery bawaan tidak dapat melakukan hal tersebut.

Baca Juga : Cara Install TWRP Recovery HTC One M9 Terbaru

Sebenarnya untuk dapat melakukan Factory Reset atau Hard Reset pada perangkat LG G4 H811 atau Android lainnya, sangatlah mudah sekali dan prosesnya pun cepat. Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara melakukannya dengan baik dan benar, silahkan baca semua isi dari artikel ini. Sebab, dengan menghabiskan waktu untuk membaca ini tidak akan terbuang sia-sia.

Selain dapat menambah pengetahuan, kamu juga dapat mengatasinya sendiri tanpa harus membawa ponsel yang mengalami masalah ke jasa servis. Kamu juga akan mengetahui bagaimana kapan untuk mengatur ulang ke dalam kondisi pabrik, tanpa harus menggunakan Komputer atau PC.

Selain Factory Reset ini, kami juga telah menyediakan tutorial untuk Unlock Bootloader LG G4 H811. Hal ini sangat berguna sekali apabila kalian ingin melakukan modifikasi pada sistem Android ini. Seperti Root atau Install TWRP, sebelum melakukan kedua hal tersebut langkah pertama yang wajib dilakukan adalah dengan membuka kunci bootloader.

Langkah Hard Reset LG G4 H811 Via Mode Recovery

Nah, setelah mengetahui semua penjelasan yang sudah kami sampaikan di atas semoga dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Sekarang kita kembali ke pokok pembahasan utamanya, yaitu cara melakukan Factory Reset atau Hard Reset pada LG G4 H811. Untuk kalian yang ingin mengetahui langkah-langkahnya dapat melihat di bawah ini.

  1. Pastikan baterai ponsel LG G4 tidak kosong, minimal chas sampai 50% untuk berjaga-jaga.
  2. Jika ponsel masih dalam keadaan menyala, maka matikan terlebih dahulu sampai benar-benari mati.
  3. Jika sudah, lalu nyalakan kembali ponsel tersebut dengan menekan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.
  4. Setelah kamu melihat logo LG muncul, lalu lepaskan kedua tombol tersebut selama 2 detik.
  5. Lalu tekan dan tahan lagi kedua tombol tersebut sampai posisi Recovery Mode, seperti pada gambar di bawah ini.

  6. Selanjutnya pilih tombol Yes dengan menekan Volume Bawah untuk mengarahkannya, lalu tekan tombol Power untuk mengonfirmasinya.
  7. Jika sudah, maka ponsel LG G4 kamu akan langsung memulai proses Hard Reset secara otomatis. Silahkan tunggu saja sampai prosesnya selesai, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa menit.

Perlu kalian ketahui bahwa pada langkah Factory Reset LG G4 ini merupakan sangat penting sekali, sebab jika terjadi sesuatu pada smartphone flagship ini dapat langsung segera kalian lakukan dengan menggunakan langkah di atas. Namun, sebelum melakukannya pastikan untuk membackup data dahulu agar tidak kehilangan semua data-data penting yang terdapat pada ponsel tersebut.

Kesimpulan

Nah, seperti itulah caranya untuk dapat menginstall ulang pada perangkat LG G4 H811 ke dalam kondisi pabrik. Bagaimana menurut kalian, langkahnya cukup mudah bukan dan cepat dipahami. Namun, apabila kamu mengalami kesulitan mengenai proses tersebut, kamu dapat memberikan komentar di bawah.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

Anda diperbolehkan untuk menyalin semua isi artikel atau link download dari blog kami ini, hanya saja dengan syarat menyertakan sumber dari blog ini.

Jika Anda menyertakan sumber dari blog kami, maka Anda tidak akan mengalami masalah teguran "Hak Cipta Dari Saya" yang dapat menyebabkan terjadinya masalah pada blog Anda.